LABUHANBATU - Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, SIK., SH., MH., MIK melalui Plt. Kapolsek Kualuh Hulu IPTU P. Sirait menjelaskan bahwa kegiatan patroli dialogis malam hari tersebut dilakukan di sekitar wilayah kerja Posko Kampung Bebas dari Narkoba (KBN) Dusun 4 Kamp. Baru Desa Kualah Beringin Kec. Kualuh Hulu Kab. Labura, Minggu (30/10/2023). Adapun Personel Polsek Kualuh Hulu yang melaksanakan kegiatan yaitu, IPTU Rizaldi, AIPDA D. Batubara, AIPDA Darma Bakti dan BRIPKA AM. Aritonang.

IPTU P. Sirait juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut setelah dibentuk 13 KBN di wilayah Polres Labuhanbatu.

"Bahwa Polres Labuhanbatu telah membentuk 13 KBN sebagai wujud memerangi narkotika di wilayahnya," kata Kapolsek.

Adapun lokasi 13 KBN dipilih berdasarkan data kerawanan tindak pidana narkotika terbanyak serta berdasarkan informasi dari masyarakat terkait maraknya peredaran, transaksi dan penyalahguna narkotika di wilayah tersebut.

Selain itu, adapun upaya lainnya yang terus dilakukan oleh Polres Labuhanbatu dan Polsek jajaran yaitu melakukan upaya-upaya preemtif seperti edukasi, penyuluhan serta sosialisasi bahaya narkoba.

Adapun upaya preventif, yaitu melakukan patroli dialogis, patroli kota dan patroli blue light dengan sasaran lokasi/tempat yang diduga marak peredaran narkotika.

"Upaya represif juga turut dilakukan secara gencar dan extra ordinary, "hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas di Istana Negara serta merupakan Program Prioritas Kapolda Sumatera Utara mengenai Narkotika Musuh Bersama," ujar Kapolsek Kualuh Hulu.

Polres Labuhanbatu juga mengedepankan upaya rehab narkoba terhadap para korban penyalahguna narkoba.

"Diharapkan dengan dibentuk 13 KBN Polres Labuhanbatu serta dilakukan berbagai upaya, dapat menekan angka tindak pidana narkotika di wilayah Polres Labuhanbatu," tutupnya.