PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt. MM, M.Si, MH mengikuti rapat koordinasi (rakor) daerah dalam rangka penyelematan keuangan negara dan daerah. Rakor berlangsung di Aula Raja Inal Siregar, kantor  Gubernur, Jalan Diponegoro Medan, Kamis (26/10/2023).

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berkomitmen menyelamatkan keuangan dan aset negara atau daerah. Selain menyelamatkan keuangan negara atau daerah, Pemprov Sumut juga berkomitmewn terus meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD) Sumut.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin menyampaikan, Pemprov Sumut memiliki beberapa fokus perhatian. 

Mulai dari penyelesaian sertifikasi tanah, optimalisasi pajak tambang Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB), optimalisasi pajak pemanfaatan air bawah tanah, hingga pemanfaatan ruang di kawasan Danau Toba. 

"Pemprov Sumut berkomitmen melakukan berbagai upaya dalam hal penyelamatan keuangan negara, oleh sebab itu Pemprov akan menjaga sinergi yang telah terbangun selama ini," kata Hassanudin.

Kemudian penilai koordinasi dan sinergi sangat penting dilakukan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Apalagi tahun 2024 banyak agenda besar yang akan dilaksanakan sepanjang tahun, tambahnya. 

“Koordinasi ini sangat penting dilakukan, karena ada hal sangat strategis, mengingat tahun depan ada pelaksaaan pemilu dan pilkada serentak, Sumut juga menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional ke XXI,”ujar Hassanudin.

Diakhir sambutannya, Hassanudidn menambahkan, ada beberapa hal yang menjadi fokus perhatian Pemprov Sumut saat ini. 

Di antaranya sistem pemerintahan berbasis elektronik, peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), reformasi birokrasi, pembangunan zona integritas, pencegahan stunting, pencegahan dan penurunan kemiskinan ekstrim, penurunan pengangguran terbuka dan mengendalikan inflasi.

Plt Bupati Palas, melalui pesan WhatsApp, Jumat (27/10/2023) mengatakan, kegiatan rakor penyelamatan keuangan daerah sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja di instansi pemerintah untuk pengendalian inflasi.

"Pemkab Palas terus berupaya mengenjot pendapatan asli daerah (PAD) untuk  mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan," pungkasnya.


Turut menghadiri kegiatan rakor, Sekda Palas, Arpan Nasution,S.Sos dan Kepala Inspektorat Palas,Insfektur Harjusli Fahri Siregar, Kasat Reskrim Polres Palas mewakili Kapolres, mewakili Kajari Palas Kasi Pidsus, Mewakili Pimpinan DPRD Kabupaten Palas.