MEDAN - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM mendukung (PGM) Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia memperjuangkan perlindungan bagi guru-guru madrasah. Hal ini terungkap saat Ketua PGM Indonesia Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Ilyas Halim, M.Pd beserta pengurus baru yang akan dilantik beraudiensi, Jumat (20/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kemenagsu didampingi Ketua Tim Humas, Data, dan Informasi Drs. H. Muhammad Yunus, MA mengapresiasi program kerja PGM Indonesia terkait perlindungan kesehatan dan perlindungan hukum.

Menurut Kakanwil, dua hal tersebut sangat penting bagi guru madrasah mengingat tantangan saat bekerja begitu besar.

“Tentu kami sangat mendukung program Pengurus PGM Indonesia Provinsi Sumatera Utara yang akan dilantik. Saya mengapresiasi apa yang disampaikan Ketua tadi bahwa prioritas kerja pengurus kali ini pada pemenuhan asuransi kesehatan guru dan perlindungan hukum guru saat bertugas. Kita tau tidak semua guru saat ini dalam kondisi Sejahtera. Artinya masih banyak hal yang harus diperjuangkan untuk kesejahteraan itu. Tentu kabar gembira bagi guru-guru madrasah bahwa ada wadah yang memperjuangkan kebutuhan mereka,” ucap Kakanwil.

Ia juga berharap PGM Indonesia dapat menyosialisasikan program moderasi beragama di lingkungan kerja masing-masing mengingat pentingnya kerukunan dan toleransi bagi seluruh Masyarakat.

“Mari kita galakkan moderasi beragama di madrasah. PGM Indonesia Sumut diharapkan dapat mendukung program Kementerian Agama RI dalam menyebarluaskan pesan kerukunan dan moderasi beragama,” ucap Kakanwil.

Sebelumnya, Ilyas Halim menyebutkan audiensi ini untuk menyampaikan program kerja yang akan digelar dalam waktu dekat.

Kata Ilyas Halim, dalam rangka persiapan Hari Guru Nasional tahun 2023, pihaknya akan mengadakan berbagai kegiatan diantaranya melaksanakan upacara bendera, jalan santai moderasi yang berhadiah umrah.

Selanjutnya akan digelar resepsi Harlah Hari Guru Nasional tahun 2023 yang akan berlangsung pada 25 sampai 26 November mendatang.

"Peringatan Hari Guru Nasional dengan berbagai kegiatan diharapkan memberi makna tersendiri kepada para guru, apalagi ada yang berkesempatan meraih hadiah umrah,"kata Ilyas Halim.

Ia juga menyampaikan PGM Indonesia hadir di Sumut untuk membantu menyelesaikan masalah guru maupun meningkatkan kesejahteraan guru termasuk BPJS dan perlindungan hukum.