TOBA - Sebanyak 9 desa se Kecamatan Laguboti yakni Desa Pintubosi, Desa Ujung tanduk, Desa Gasaribu, Desa Sitoluama, Desa Ompu Raja Hutapea Timur, Desa Pardomuan Nauli, Desa Sirajagorat, Haunatas 2, dan Desa Hatulian Kamis, (19/10/2023) telah menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak demikian juga dengan desa desa lainnya di wilayah Kabupaten Toba. Pelaksanaan pesta Demokrasi untuk pemilihan Kepala Desa di 9 desa se Kecamatan Laguboti ini disambut hangat oleh seluruh warga desa dengan hadir ke TPS dalam memberikan suara hak pilihnya untuk menentukan pemimpin sebagai Kepala Desa di desanya demikian juga berbagai kalangan lapisan di masyarakat desa sangat antusias hadir ke TPS untuk menyaksikan kontestasi Pilkades siapa yang menjadi pemenang.

Camat Laguboti melalui Sekretaris Kecamatan Riston Daniel Hutapea saat dikonfirmasi www.gosumut.com terkait pelaksanaan dan hasil Pilkades 9 Desa di Kecamatan Laguboti via selulernya Jumat, 20/10/2023) menyebutkan, pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Laguboti berjalan aman dan lancar.

Semua TPS di 9 Desa yang melaksanakan Pilkades mendapat pengawalan pengamanan dari pihak Kepolisian Polsek Laguboti dibantu personil jajaran Mako Polres Toba bekerja sama dengan personil Koramil Laguboti dan Personil Sat Pol PP Pemkab Toba.

Lanjutnya, dalam kontestasi Pilkades serentak tahun 2023 di Kecamatan Laguboti pada 9 Desa semua Kepala Desa (Petahana) ikut serta bertarung memperebutkan kembali kursi Kepala Desa periode jabatan 2024 - 2030.

"namun dalam kontestasi Pilkades tersebut semua Petahana dari 9 Desa tidak ada satupun yang bertahan atau menang kembali untuk menduduki kursi Kepala Desa".sebutnya.

Untuk hasil Pemilihan Kepala Desa ,(Pilkades) Kecamatan Laguboti, Pilkades Sitoluama dengan 5 Kontestan Calon Kepala Desa (Cakades) berhasil di menangkan pria lajang nomor urut 3 Ir.Idama Pangaribuan sebanyak 496 suara disusul Marnalom Pangaribuan sebayak 421 suara sedangkan Sauduran Sinurat hanya meraih 2 suara untuk Cakades Pardamean Simatupang hanya 1 suara dan Cakades Kusnadi Panjaitan 0 suara.

Untuk Desa Pintubosi dengan Kontestan 3 Calon Kepala Desa (Cakades) berhasil dimenangkan Calon Kepala Desa Januari Marolop Pangaribuan dengan perolehan suara 261 suara, Marasil Pangaribuan 249 suara dan Henri Pangaribuan selaku petahana berhasil meraih suara sebanyak 80 suara.

Desa Ujung tanduk dengan 3 Peserta, peraih suara terbayak berhasil diraih Cakades Freddy Sibarani sebanyak 267 suara, Mikael Sitinjak 190 suara dan Anton Sinurat (Petahana) mraih 174 suara. Desa Gasaribu dengan 3 Peserta pemenangnya diraih Darianto Pangaribuan sebayak 117 suara, Dosia Florida Pangaribuan 116 suara dan Mangatas Hutahaean (petahana) sebayak 76 suara.

Desa Ompu Raja Hutapea Timur 3 Cakades untuk pemenangnya diraih St.Tonny Hutapea dengan perolehan suara sebanayak 254 suara, Jaya Masita Hutapea (petahana) meraih 229 suara dan Nasib Hutapea meraih 116 suara.Desa Pardomuan Nauli 3 Cakades pemenangnya berhasil diraih Damser Hutahaean sebanyak 457 suara, Efendi Hutahaean 210 suara dan Josia Hutahaean 94 suara.

Untuk Pilkades Desa Sirajagorat di ikuti 4 Cakades dan pemenangnya diraih Volda Pasaribu dengan perolehan suara 46 suara, Leonardo Pasaribu 40 suara, Tomu Pasaribu 38 suara dan Arnold Rudianto Pasaribu (petahana) sebanyak 30 suara.Desa Haunatas 2 juga dengan 4 orang kontestan Calon Kepala Desa, berhasil meraih suara terbanyak diraih Lasman Pasaribu sebanyak 178 suara, Henry Pariang Pasaribu (petahana) sebanyak 148 suara.

Untuk Desa Ompu Raja Hatulian di ikuti 2 Cakades dan pemenangnya berhasil diraih Mauli Hutajulu sebanyak 159 suara dan Marajo Hutajulu sebanyak 126 suara.

Disampaikan Riston Daniel Hutapea, dalam pelaksanaan PilkaDes di Kecamatan Laguboti turut dipantau dan di hadiri langsung oleh Bupati Toba Poltak Sitorus yang juga didampingi Kapolres Toba AKBP Taufik Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K bersama Dandim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal.

Dalam kehadirannya Bupati Toba bersama Kapolres Toba dan Dandim 0210 TU memyempatkan diri berkeliling ke beberapa desa yang menyelenggarakan Pilkades guna untuk memantau kondisi dan situasi pelaksanaan Pilkades mulai dari proses pencoblosan hingga proses penghitungan suara demikian juga dengan situasi Kamtibmas di setiap desa.

Di desa Sitoluama Kecamatan Laguboti, Poltak Sitorus berpesan kepada semua masyarakat agar sama-sama menjaga keharmonisan dan kerukunan antar sesama serta jangan sampai terpecah akibat Pelaksanaan Pilkades yang berbeda pilihan atau dukungan.

Ditambahkan Riston, Camat Laguboti Aprilia Nessy Tampubolon dalam pesannya kepada seluruh warga Laguboti, semua warga di lapisan masyarakat khususnya Calon Kepala Desa harus legowo menerima hasil Pilkades demikian halnya dengan semua warga pendukung masing masing Calon Kepala Desa.

Kita harus bergembira bersama siapapun yang menang.usai Pilkades jangan sampai ada pengkotak-kotakan atau pemisah misahan pendukung dan tidak pendukung.pilkades telah usai dan semua warga harus kembali tetap bersatu dan semua warga adalah warganya Kepala Desa yang menang.ssmua harus dilayani sama rata tidak boleh ada pembeda bedaan.