TOBA - Dalam upaya mendukung pengembangan geliat penyebarluasan informasi dan publikasi destinasi pariwisata Danau Toba di kancah nasional hingga internasional, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) membentuk Forum Jurnalis Pariwisata Kawasan Danau Toba (Forlispar KDT). Forum ini beranggotakan para wartawan/wartawati yang merupakan perwakilan dari 8 Daerah Kabupaten se kawasan Danau Toba.
 
Keanggotaan dan kepengurusan Forlispar KDT dikukuhkan di kantor BPODT, Desa Sibisa Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Dirut BPODT Jimmi Bernando Panjaitan, Rabu (18/10/2023).
 
Dirut BPODT Jimmi Bernando Panjaitan menyebutkan, salah satu tujuan dibentuknya forum ini untuk mengedukasi masyarakat luas, khusus pelaku wisata sekawasan Danau Toba serta untuk menyebar luaskan berbagai informasi kepariwisataan di Kawasan Danau Toba sebagai upaya rangsangan untuk mangajak dan mendatangkan para wisatawan sebanyak banyaknya.
 
"Yang tentunya dengan kehadiran para wisatawan ke kawasan Pariwisata Danau Toba Super Prioritas Nasional pada akhirnya akan menambah peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat se Kawasan Danau Toba," ucapnya.
 
Kemudian lanjutnya, untuk mempermudah komunikasi, kolaborasi dan pendistribusian pemberitan tentang pengembangan kepariwisataan di Kawasan Danau Toba. 
 
Ia berharap dengan dibentuknya Forum Jurnalis Pariwisata di Kawasan Danau Toba ini, dapat terjalin komunikasi untuk menciptakan pemberitaan yang informatif, edukatif serta informasi yang valid untuk disebarluaskan kepada masyarakat.
 
"Sebagai gerakan awal kita bentuk beberapa orang dahulu, yang penting memiliki keterwakilan dari kabupaten sekawasan Danau Toba, kedepannya akan kita kembangkan forum ini agar semakin bisa menjamah destinasi-destinasi wisata lainya," tambahnya.
 
Dari hasil diskusi para jurnalis perwakilan dari daerah kabupaten se kawasan Danau Toba bersepakat memilih Edward Sinaga wartawan Surat Kabar Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) sebagai Koordinator Forlispar KDT. 
 
Dalam sambutannya Edward Sinaga menyebutkan sebagai Jurnalis yang tergabung dalam Forlispar KDT harus komit dan bersepakat bahwa untuk pemberitaan pariwisata Danau Toba disajikan dengan baik mengingat pemberitaannya masih kurang, terutama dalam mempromosikan pariwisata..
 
"Ke depan kita dapat berkolaborasi serta bersinergi bersama BPODT untuk membangun citra positif Danau Toba kepada khalayak umum, dengan tujuan dan harapannya mampu merangsang kehadiran para wisatawan untuk datang berwisata ke Danau Toba. Selain pemberitaan, kita juga bisa melakukan fungsi promosi pariwisata di Danau Toba," ujar Edward.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik Bambang Cahyo Murdoko, Direktur Pemasaran Wahyu Galih Dito, Direktur Industri dan Kelembagaan Raja Malem Tarigan.