LABURA - Polsek Marbau Polres Labuhanbatu melakukan percepatan dan antisipasi stunting, Jumat (13/10/2023). Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu melalui Kapolsek Marbau AKP J. Pasaribu menyebutkan, percepatan dan antisipasi stunting tersebut dilakukan di wilayah Kec. Marbau Kab. Labuhanbatu Utara.

Adapun Personel yang melaksanakan yaitu, Kepala Desa Herianto, Bhabinkamtibmas Aiptu Sugianto bersama Meilina Sinaga (Bidan Desa), Dwi Riyanti (Ahli Gizi Puskesmas), Sriatun (Kader PKK).

AKP J. Pasaribu mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dengan strategi door to door serta pemanfaatan aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu.

"Door to door system, merupakan strategi percepatan dan antisipasi yang diakukan oleh Petugas / TIM Terpadu penanganan stunting dengan mengunjungi secara langsung rumah rumah warga yang anaknya terindikasi sebagai anak stunting," ujar Kapolsek Marbau.

Selanjutnya AKP J. Pasaribu, menerangkan, Polres Labuhanbatu telah membuat strategi pemolisian 4.0 dengan pemanfaatan Aplikasi PASTI, yaitu sebuah aplikasi yang dapat mempermudah TIM penanganan stunting untuk melakukan pendataan terkait tinggi/panjang badan anak, berat badan anak, vitamin yang diberikan kepada anak serta dapat secara langsung melakukan video call dengan orang tua anak untuk mengetahui perkembangan anak stunting melalui kunjungan tim tiap minggu.

"Adapun Petugas/TIM, juga memberikan tambahan gizi kepada anak stunting, berupa biskuit balita, susu, bubur kacang ijo dan vitamin anak," pungkas AKP J. Pasaribu.

Diharapkannya, dengan terus dilakukan kegiatan percepatan dan antisipasi stunting serta pemanfaatan dan strategi pemolisian 4.0 dalam penanganan stunting, dapat menurunkan angka stunting di wilayah Polres Labuhanbatu dan jajaran.