TOBA - Pembangunan Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Aek Bolon di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, telah berjalan sejak beberapa bulan terakhir. Dalam pelaksanaan pembangunan gereja ini dhilaksanakan dengan semangat Kebhinnekaan serta dalan pelaksanaan pembangunan juga memberdayakan warga binaan Rutan Klas II Balige. Demikian disampaikan Guru Jemaat GKPI Aek Bolon Bapige Tumbur Tumanggor yang juga Ketua Pembangunan gereja di acara pesta pembangunan Gereja GKPI Aek Bolon Balige Minggu, (08/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut Tumbu Tumanggor juga menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan pembangunan Gereja Aek Bolon Kecanatan Balige didukung penuh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Tayeb,S H,S.I.K dan Kepala Rutan Klas II Balige berikut Pemkab Toba.

Atas dukungan dan perhatian tersebut Tumbur Tumanggor mengucapkan, terimakasih banyak kepada Kapolres Toba dan jajaran atas dukungan penuh dari Kapolres Toba untuk proses pelaksanaan pembangunan gereja GKPI Aek Bolon Balige. kata Tumbur Tumanggor.

Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam kehadirannya di pesta pembangunan Gereja GKPI Aek Bolon Kecamatan Balige sangat nerespon dan.mengaoresiasi cara pembangun gereja GKPI Aek Bolon dan menyebutkan Gereja itu dibangun dengan semangat Bhinneka Tunggak Ika.

Disebutkan Bupati Poltak Sitorus, "Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, S.H,S.I.K lah yang pertama kali datang ke Gereja ini bersama dengan warga jrmaat membersihkan tempat ini.

"Dengan kehadiran dan kepedulian bapak Kapolres Toba menguatkan pembuktian di Kabupaten Toba akan keberagaman suku dan agama begitu terjaga dan terjalin dengan erat dalam iakatan "Bhineka Tunggal Ika", biar kita berbeda-beda tetapi tetap satu. Inilah yang ditunjukkan oleh Pak Kapolres kita" kata Poltak Sitorus mengapresiasi.

Lanjutnya, selain mendukung pembangunan gereja, Pemerintah Kabupaten Toba juga akan terus mendukung kemajuan Desa Aek Bolon melalui sektor pariwisata, pertanian dan pendidikan.

"Air Terjun Aek Bolon ini harus kita wujudkan menjadi kawasan wisata yang bisa dijangkau dan dikunjungi wisatawan".

Desa ini harus menjadi Desa Wisata, pertanian di Aek Bolon ini harus bisa kita jadikan menjadi agrowisata.jadi pertanian itu harus bisa menjadi destinasi wisata.pertanian harus, pariwisata juga harus," katanya menambahkan.

Tidak hanya itu, sektor pendidikan di desa itu juga tidak luput dari perhatian Bupati. Beliau menegaskan bahwa anak-anak dari keluarga kurang mampu yang masuk sekolah unggulan, SMA Unggul Del dan Yayasan Tunas Bangsa Soposurung akan dibantu lewat beasiswa.

Dalam kesempatan tersebut turut juga dihadiri Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak, Sekda Drs.Augus Sitorus, Ketua TP - PKK Kabupaten Toba serta sejumlah pimpinan perangkat daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Toba.