TOBA - Misael Putri Simorangkir, siswa kelas I SMA Negeri 2 Balige, Kabupaten Toba menjadi salah satu wakil Provinsi Sumatera Utara dalam ajang Putri Remaja Batik Indonesia. Anak ke dua dari 6 bersaudara ini akan berangkat ke Jakarta pada 25 Oktober mendatang, untuk mengikuti lomba Putri Remaja Batik Indonesia yang akan digelar sejak 29 Oktober- 1 November 2023 mendatang.


Sebelum berangkat ke Jakarta, Misael Putri Simorangkir, didampingi oleh ibunya mendatangi Bupati Toba, Poltak Sitorus di ruang kerja bupati pada Jumat (6/10/2023) pagi. Dalam bincang-bincang yang berlangsung hampir 1 jam itu, orang tua Misael Putri Simorangkir meminta dukungan dari Bupati Toba, terlebih putrinya diwajibkan untuk memperkenalkan lokasi wisata di kawasan Danau Toba, baik wisata budaya maupun wisata alam lewat tampilan audio visual yang menarik.

Menanggapi permintaan dukungan tersebut, Poltak Sitorus langsung meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Kominfo Toba untuk memfasilitasi pembuatan video. "Tapi nanti kamu harus ceritakan story telling-nya, baik itu soal budaya maupun soal tempat wisatanya. Misalnya rumah batak, kamu harus jelaskan soal rumah batak dan filosofinya," kata Bupati.

Selain itu, Poltak Sitorus juga meminta Misael Putri Simorangkir untuk menjelaskan soal karakter orang batak dalam konsep 'Batak Naraja' yang selama ini mulai tergerus.

"Jadi dalam presentase nanti kamu juga harus jelaskan soal karakter 'Batak Na Raja', bahwa batak itu sebenarnya sangat peduli, sopan, bijaksana dan taat hukum," kata Bupati menambahkan.

Selain memberi dukungan, masukan dan saran, Poltak Sitorus juga mengajak seluruh masyarakat Toba dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, untuk mendukung Misael Putri Simorangkir dalam ajang lomba Putri Remaja Batik Indonesia.