TOBA - Oknum pengusaha kayu melakukan aktifitas penebangan pohon di kawasan perbukitan Batu Rosak perbatasan Desa Jangga Toruan Kecamatan Lumbanjulu dengan Desa Sihiong Kecamatan Banatualunasi Kabupaten Toba. Pantaun www.gosumut.com dilokasi, para pekerja sibuk melakukan pemotongan gelondongan pohon pinus dengan gergaji mesin chain saw yang sebelumnya ditarik dari atas kawasan perbukitan Bukit Barisan ke bawah tepatnya ditepian jalan negara lintas Sumatera Desa Sihiong Kecamatan Bonatualunasi Kabupaten Toba.
 
Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah IV Balige, Ombar Sinurat dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sumut Juliani Siregar yang dikonfirmasi terpisah mempertanyakan apakah lokasi penebangan ini masuk kawasan Hutan atau tidak serta apakah pihak LHK menerbitkan ijin penebangan pohon di sekitaran kawasan tersebut, pihaknya berjanji akan melakukan pengecekan.
 
"Kami Cek dulu ya pak.Terima kasih Infonya," 
Ombang Sinurat.
 
Hal senada diungkap Juliani Siregar. 
 
"Kita Cek dulu ya pak," jawabnya.
 
Tidak sampai disitu Gosumut.com kembali mengkonfirmasi via telepon seluler serta mengirimkan foto aktitftas pemotongan kayu dan gelondongan kayu langsung di muat ke atas truk dengan mengunakan alat berat di lokasi yang sama kepada pengawas Kehutanan KPH Wilayah IV Balige Jose Rizal Pasaribu.
 
Jose Rizal Pasaribu menyebutkan, sebelumnya aktifitas di lokasi sudah dihentikan, dan pihaknya tidak tahu lagi ada aktifitas penebangan pohon disekitar kawasan tersebut. Karenanya, pihaknya berjanji akan turun secepatnya hari ini untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan.
 
Tidak berapa lama tim Polisi Kehutanan tiba di lokasi di pimpin Jose Rizal Pasaribu.
 
Namun sebelumnya para pekerja yang melakukan pemotongan pohon di lokasi dengan mengunakan mesin chain saw sekaligus menaikkan kayu gelondongan yang sudah dipotong ke atas truk dengan mengunakan alat berat sudah tidak lagi berada di lokasi. 
 
Demikian alat berat pengisi muatan, berikut mobil jonder/kren yang digunakan menarik pohon dari atas ke bawah telah keluar meninggalkan lokasi sebelum petugas tiba ke TKP.
 
Untuk proses pemeriksaan hukum dari pihak Kepolisian Gosumut.com menyampaikan informasi dan melaporkannya serta mengirimkan foto kegiatan di lokasi kepada Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K.
 
AKBP Taufiq Hidayat langsung merespon dan mengatakan pihaknya segera menurunkan tim untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan. 
 
Tidak berapa lama Kasat Reskrim Polres Toba Iptu Wilson Manahan Panjaitan,S.H bersama beberapa tim personilnya tiba dilokasi, setelah sebelumnya lebih dahulu tiba tim dari Polisi Kehutanan KPH Wilayah IV Balige.
 
Di lokasi Jose Rizal Pasaribu dihadapan Kasat Reskrim Polres Toba mengatakan, pihaknya akan memastikan lokasi tersebut melalui peta. Setelah hari ini pihaknya akan ambil titik koordinatnya, namun untuk memastikan di dalam pada seputaran kawasan perbukitan Dolok Simanukmanuk pada ruas kawasan bukit barisan apakah ada aktifitas penebangan dan apakah masuk di kawasan hutan belum bisa dipastikan akan dilakukan hari ini Selasa, (3/10/2023).
 
Sebelumnya didapat informasi sesuai penuturan dari warga sekitar kepada salah satu awak media Senin, (2/10/2023) saat bertemu di lokasi ketika melakukan pengecekan lokasi penebangan dan tungkul pohon yang ditebang di lokasi kawasan perbukitan Bukit Barisan bersama aparat Polisi Kehutanan KPH Wilayah IV Balige menjelaskan, aktifitas penebangan ini dilakukan sampai ke arah kawasan Dolok Simanukmanuk.
 
"Dang holan sian kawasan on hau ditaba, daoan nai dope tubagasan lokasi penebangan, sahat tu sekitaran Dolok Simanukmanuk.dunga ditaba hauni, ditarik ma pakke alat berat tu toru jonok jalan Lintas Sumatera desa Sihiong Kecamatan Bonatualunasi. jadi dipotongi ditoru ma hau i jala langsung di muat tu truck di langsir tu lokasi tempat penumpukan kayu di desa Sinar Sabungan.nungga botari on, molo dalanan muna tu bagasan golap ari nama sahat, jadi loja hamu mardalan alana dao an nai dope tubagasan" (bukan hanya dari sini saja pohon yang ditebang, masih jauh lagi ke dalam ada lokasi penebangannya hingga sampai ke sekitaran kawasan Bukit Simanukmanuk.setelah ditebang, pohon ditarik ke bawah bukit ini dengan menggunakan alat berat ketepi jalan Lintas Sumatera desa Sihiong Kecamatan Bobatualunasi. Pohon dipotongi dibawah dan langsung di muat ke atas truck untuk dilangsir ke tempat penumpukan kayu di Desa Sinar Sabungan Bonatualunasi. Hari sudah sore, kalaupun kalian berjalan ke lokasi nantinya tiba disana hari sudah gelap, capek kalian berjalan sore ini masih jauh lagi kedalam " ucapnya dan tidak mau menyebutkan nama dan marganya karena takut nanti diteror.