PADANGSIDIMPUAN - Pemko Padangsidimpuan melalui Dinas Ketahan Pangan bagikan bantuan pangan cadangan beras di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, pada Rabu (27/9/2023). Bantuan bantuan pangan cadangan beras ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak EL Nino, serangan Hama Tikus dan Wereng.
 
Kadis Ketahanan Padangsidimpuan Chairunnisa Daulay mengatakan pemberian bantuan merupakan implementasi hadirnya pemerintah, akibat fenomena El Nino dan dampak serangan hama di lahan pertanian.
 
"Ini adalah bukti kehadiran pemerintah untuk memberikan kepastian kepada masyarakat, bahwa kami pemerintah hadir untuk memberikan jaminan untuk ketersediaan pangan," kata Chairunnisa Daulay.
 
Lebih lanjut Chairunnisa menjelaskan, setiap warga penerima bantuan beras mendapatkan 5 kilogram dan telah dilakukan pendataan terhadap keluarga yang berhak.
 
"Ini merupakan stok beras Pemko Padangsidimpuan yang disimpan di Bulog ," tegasnya.
 
Di tempat yang sama Kadis Pertanian Padangsidimpuan Edi Darwan Harahap menjelaskan bahwa dampak El Nino di Kota Padangsidimpuan menyebabkan terjadinya cuaca yang ekstrim yang mengakibatkan perkembangan hama dan penyakit.
 
Serangan hama penyakit seperti tikus, wereng coklat, penggerek batang berdampak pada penurunan produksi pertanian khususnya tanaman pangan/Padi, ucapnya.
 
"Fenomena alam ini berdampak signifikan terhadap iklim diberbagai daerah termasuk kota Padangsidimpuan," tuturnya.
 
Sampai saat ini diprediksi penurunan produksi berkisar 10 s/d 15 % dan Gangguan hama tertinggi berada di Kec. Padangsidimpuan Hutaimbaru, tutupnya.
 
Pada kesempatan tersebut Camat Padangsidimpuan Hutaimbaru Faisal Harahap mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemko Padangsidimpuan kepada masyarakat di Kecamatan Hutaimbaru khususnya.
 
Dia berharap dengan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat, terutama petani yang mengalami gagal panen.
 
Hadir dalam penyaluran bantuan pangan beras tersebut Ketua TP - PKK Kota Padangsidimpuan Ny. Derliana Irsan Efendi.***