MEDAN - Penjabat (Pj)  Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin memastikan kondisi perpolitikan di Sumut sampai saat ini kondusif. Begitu juga dengan kehidupan demokrasi yang terus tumbuh di provinsi ini. Hal ini diungkapkan Hassanudin usai bertemu dengan Tim Pemantauan Perkembangan Politik Provinsi Sumut. Menurutnya Sumut semakin dewasa dalam berpolitik dan juga terbiasa dengan perbedaan.

“Alhamdulillah, seperti biasa di Sumut kondusif, perpolitikan berjalan dengan baik dan kehidupan demokrasi tumbuh, kita harap ini terus terjaga dan masyarakat semakin dewasa menyikapi perbedaan yang ada,” kata Hassanudin, di Aula Kebangsaan Kesbangpol Pemprov Sumut, Jalan Gatot Subroto Nomor 36, saat rapat bersama Tim Pemantau Perkembangan Politik Sumut, Senin (25/9/2023).

Hassanudin mengajak seluruh masyarakat untuk mempertahankan keharmonisan di Sumut yang telah terjalin selama ini. Bahkan dia yakin masyarakat Sumut yang heterogen sudah terlatih dengan perbedaan.

“Mari kita sosialisasikan yang sudah baik ini menjelang Pemilu, hajat kita bersama. Kemajemukan kita merupakan kekayaan yang sangat tinggi bagi kita dan kita jaga terus harmoni dalam keragaman,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Pemprov Sumut Ardan Noor menjelaskan Pemprov Sumut dan Tim Pemantau akan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk memantau perpolitikan Sumut. Setelah itu, dianalisis sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan.

“Tim akan bekerja sama dengan kabupaten/kota, mengumpulkan informasi dan kemudian menganalisa sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan untuk menjaga kondusivitas perpolitikan di Sumut,” kata Ardan Noor.

Ardan Noor juga meminta masyarakat untuk terus menyosialisasikan kehidupan yang demokratis di tengah masyarakat yang heterogen. “Terus kita sosialisasikan, dan yang perlu kita ingat jaga pikiran, jaga ucapan, jaga jarimu, sehingga ketentraman di Sumut terus terjalin,” kata Ardan Noor.

Hadir pada rapat ini Tim Pemantau Perkembangan Politik Sumut dan OPD terkait Pemprov Sumut. Hadir juga tokoh-tokoh masyarakat, tokoh politik, tokoh budaya dan agama Sumut.*