MEDAN - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Sumatera Utara bersama Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KEMENKOP) serta Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) ke depan akan serius perkuat koperasi sawit di Sumatera Utara. Konsistensi dan komitmen Apkasindo Sumatera utara dalam pengembangan koperasi berbasis petani sawit demi mendukung dan mempersiapkan koperasi berbasis petani sawit agar segera lakukan hilirisasi. 
 
"Persoalan pengembangan koperasi berbasis petani sawit ini bukan persoalan mudah untuk direalisasikan", Gus Dalhari Harahap ketua DPW APKASINDO Sumatera Utara. 
 
Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) secara Hybrid, kali ini mengambil tema Transformasi Ekonomi Lewat Koperasi Sawit untuk Indonesia pada kamis (21/09/23) di Madani Syariah Hotel, Medan.
 
Gus menambahkan, semua pihak harus bahu membahu membangun koperasi petani sawit, baik yang melalui pola kemitraan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit, maupun lewat instansi pemerintah di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. 
 
Kegiatan yang didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) ini dihadiri oleh ratusan peserta, baik dari petani sentra kelapa sawit di Sumatera Utara, Akademisi, Dinas kabupaten kota yamg membidangi koperasi serta para pelaku Koperasi sawit binaan Apkasindo. FGD dibuka secara resmi oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara yang diwakilkan Ir. Suherman, Staf Ahli.
 
FGD tersebut menghadirkan sejumlah pembicara secara Hibrid, baik daring maupun luring, seperti Manajer Non Pangan PMO pada Deputi Bidang Perkoperasian KEMENKOP RI Ilham Nasai, Kadis Koperasi dan UKM Sumatera Utara Naslindo Sirait, Kepala Divisi UKMK BPDPKS Helmi Muhansyah, Sekjend APKASINDO Rino Afrino, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura Adalin Jalins, serta pengrajin Lidi Sawit Labuhanbatu Utara Kusdianto pada Panel pertama.
 
Panel kedua menghadirkan Bapellitbang Sumut Tarsudi, Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut Tsarwah, Pelaku UMKM wajik sawit Zumrotur Rasyid Munthe, Petani Tananan Sela Kelapa Sawit Supriadi.