PALAS – PT Energi Mega Persada (EMP)  Tonga Ltd, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padanglawas bersama Polsek Barumun Tengah salurkan bantuan sumur bor dan pompa air ke Pesantren Dinul Khoiriyah Desa Aek Buaton, Kecamatan Aek Nabara Barumun. Bantuan perusahaan PT EMP Tonga  Palas ini ke pihak pesantren sebagai wujud kepedulian dan perhatian  terhadap lingkungan hidup sebagai bentuk perhatian ke santri dan masyarakat.
 
Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika S.I.K melalui Kabag SDM, Kompol Dahrun  Harahap mengatakan,bantuan sosial dari PT EMP Tonga ini berupa sumur bor dan pompa air ke pesantren merupakan  bentuk kepedulian perusahaan dan Polri terhadap lingkungan.
 
"Dengan adanya sumur bor yang dilengkapi dengan pompa air dari penyaluran CRS Perusahaan PT EMP Tonga ini sebagai bukti perhatian dan kepedulian untuk pesantren untuk mendapatkan air bersih yang layak konsumsi," katanya.
 
Kompol Dahrun mengajak, pengurus Pondok Pesantren dan masyarakat serta santri untuk sama sama menjaga sumur bor dan peralatan pompa airnya agar tetap terjaga dengan baik karena manfaatnya untuk kita semua yang sangat membutuhkan air bersih untuk kehidupan sehari-hari.
 
Sementara iru, Kapolsek Barumun Tengah, AKP Syawaluddin H.SH, Kamis (21/9/2023) mengatakan, bantuan berupa sumur bor berserta pompa airnya terlaksana atas kerjasama pihak kepolisian dengan management PT EMP Tonga melalui penyaluran CSR perusahaan ke pesantren dan masyarakat.
 
“Bantuan penyediaan sumur bor beserta pompa air untuk masyarakat yang membutuhkan ini dalam rangka program Kapolri ‘Polri Peduli Lingkungan’,” ujarnya.
 
"Diharapkan, dengan adanya bantuan memberikan manfaat yang dapat dirasakan masyarakat khususnya bagi Ponpes Dinul Khoiriyah dan dapat dipergunakan dengan seefisien mungkin untuk kebutuhan air bersih," harap Syawaluddin.
 
Di tempat terpisah, Media Ralations PT EMP Tonga, Hanshardi dihubungi melalui telepon genggam oleh Go Sumut, Kamis (21/9/2023) membenarkan, bahwa kepedulian perusahaan terhadap lingkungan menjadi prioritas guna menjaga lingkungan yang baik dan memberi manfaat bagi masyarakat.
 
"Bantuan sumur bor beserta pompa air ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian perusahaan untuk menjaga lingkungan yang baik dan bermanfaat untuk kehidupan," katanya.
 
Ia berharap, pihak Ponpes Dinul Khoiriyah dapat memanfaat sumur bor ini dengan baik untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi santri dan masyarakat yang membawa manfaat untuk kemaslahatan.