TOBA - Bupati Kabupaten Toba menyampaikan 29 point jawaban dan tanggapan atas pandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Toba terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) Kabupaten Toba Tahun Anggaran (TA) 2023. Nota jawaban dibacakan langsung Wakil Bupati (Wabup) Toba Tonny M. Simanjuntak pada Rapat Paripurna bersama DPRD, Selasa (19/09/2023) sore. 
 
Paripurna yang semula dijadwalkan pukul 14.00 WIB terpaksa diskors karena peserta tidak kourum. Rapat akhirnya dilaksanakan secara resmi pukul 16.00 WIB setelah jumlah anggota DPRD Kabupaten Toba yang hadir dinyatakan kourum dari 30 kursi.
 
Dalam 29 poin nota jawaban yang dibacakan Wabup, mayoritas sependapat dengan pandangan umum yang disampaikan oleh fraksi DPRD.
 
Di antaranya, mengenai realokasi perubahan APBD diprioritaskan untuk program yang bermanfaat dan dapat langsung menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya perbaikan infrastruktur jalan dari Kecamatan ke setiap desa. 
 
Menjawab pandangan fraksi menyoal pajak reklame, disampaikan berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 2022 pasal 60 ayat 3 huruf D tentang hubungan keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah disebutkan bahwa yang dikecualikan pada objek pajak reklame adalah yang diselenggarakan dalam rangka kegiatan politik, sosial dan keagamaan yang tidak disertai dengan iklan komersil. 
 
Meski begitu, Wabup menyebutkan penertiban baliho, billboard, dan beberapa reklame yang mengganggu pengguna jalan akan menjadi fokus perhatian Pemkab Toba dan akan berkoordinasi dengan pihak terkait. 
 
Selain itu, dalam nota jawabannya Pemerintah Kabupaten Toba menegaskan sependapat dengan saran fraksi DPRD Toba yang menyarankan agar pemberian bantuan untuk Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) benar-benar diperhatikan dan diberikan pengawasan serta mendata ulang Gapoktan yang terdaftar dan telah berbadan hukum. 
 
Usai membacakan nota jawaban Tonny M Simanjuntak menyampaikan terima kasih kepada seluruh fraksi dan anggota DPRD Toba dan menyerahkan nota jawaban yang diterima pimpinan rapat, Candrow Manurung,S.H yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba dari fraksi partai Nasdem.