SIBOLGA - Wakil Walikota Sibolga Jamaluddin Pohan bersama Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas M Lumban Tobing meninjau ke Vihara Avalokitesvara di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga yang ludes terbakar terjadi pada, Senin (18/9/2023). Kedatangan Walikota dan Wakil Walikota ke Vihara ingin memastikan apa sebab akibat bisa terjadinya kebakaran. Setelah usai meninjau dikatakan Walikota, kebakaran diduga akibat kipas angin yang sudah tua hingga terjadinya korsleting arus listrik.
 
"Kita tidak meminta musibah terjadi seperti ini, diminta kepada masyarakat juga agar barang elektronik yang sudah tidak layak pakai jangan digunakan lagi," kata Walikota Sibolga, Selasa (19/9).
 
Untuk kedepan terkait pembangunan Vihara Avalokitesvara, Walikota Sibolga menyebut pihak yayasan diminta koordinasi dengan Pemko Sibolga. 
 
"Pastinya pihak pengurus Vihara tetap koordinasi saja bersama Pemerintah Kota Sibolga," ujar Jamal.
 
Ketua Vihara Avalokitesvara Sibolga, Margono mengatakan, bangunan yang terbakar yaitu gudang buku ibadah, alat sembahyang dan gudang tempat berkas yang disimpan pada tahun 2020 lalu.
 
Untuk sementara waktu masih kata Margono, tempat beribadah tidak ada masalah hanya saja patung-patung ada bercak hitam. 
 
"Karena ada musibah seperti gini, jadi kami beribadah di Vihara yang ada di belakang," timpal Margono.