SIBOLGA - Vihara Avalokitesvara yang terletak di Jalan S. Parman, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga terbakar, Senin (18/9/2023). Dihimpun di lokasi kebakaran, Darmansyah seorang Petugas jaga malam Vihara mengatakan, dirinya mencium bau asap dan melihat kobaran api berasal dari dalam gudang buku lantai satu.
 
Selanjutnya penjaga berusaha membuka Pintu Gudang yang terkunci, tetapi upaya mereka gagal. Kemudian penjaga meminta bantuan dari masyarakat, namun kobaran semakin membesar sampai merembet ke lantai dua.
 
"Tibanya lima unit mobil pemadam sekitar pukul 21.30 WIB, dengan diperbantukan dari induk TNI-POLRI, Satpol PP Kota Sibolga dan masyarakat untuk memadamkan sijago merah. Sekira pukul 23.00 WIB kobaran api dapat dipadamkan," kata Iptu Suyatno, Selasa (19/9/2023) pagi.
 
Kendati penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, saksi-saksi menduga bahwa api berasal dari korsleting arus listrik, karena sebelum kejadian terdengar suara kipas angin yang masih menyala di dalam gudang yang terkunci.
 
Kerugian materil akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp300 juta, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.
 
Sementara Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja sebelum kobaran api dapat dipadamkan dirinya sigap dilokasi memantau personil. Usai kobaran api dipadamkan pihaknya melakukan investigasi dan mengumpulkan barang bukti.
 
"Hari ini kita olah tempat kejadian perkara," kata Kapolres Sibolga. Peristiwa tragis ini akan tetap menjadi perhatian, dan pihaknya berharap agar penyelidikan lebih lanjut dapat memberikan wawasan yang lebih jelas tentang penyebab kebakaran di Vihara Avalokitesvara ini," pungkas Kapolres Sibolga.