MEDAN - Partai Buruh Sumatera Utara menggelar konsolidasi akbar sekaligus deklarasi pemenangan pemilu 2024, Sabtu (16/9/2023) di D Hall Jalan Sakti Lubis, Medan.
Konsolidasi akbar ini dihadiri ratusan kader dan caleg DPRD kabupaten/kota, provinsi dan DPR RI.

Ketua Exco Partai Buruh Sumut, Willy Agus Utomo, mengatakan konsolidasi dan deklarasi pemenangan Partai Buruh Sumatera Utara dihadiri 29 perwakilan kabupaten kota dan para caleg.

"Kami menyatakan sikap siap untuk ikut pemilu 2024 dan kami siap memenangkan pemilu 2004," tegasnya.

Adapun target yang dijanjikan yakni untuk DPRD provinsi ditargetkan 8 kursi dari 100 caleg yang didaftarkan dan sudah menjadi daftar caleg sementara dan lolos MS (memenuhi syarat).

"Untuk DPR RI kami targetkan di tiga Dapil DPR RI itu kami memiliki 3 anggota DPR RI yang kita usung ke senayan. Kemudian untuk DPRD kabupaten kota, ada beberapa kabupaten kota potensial yang harus punya fraksi diantaranya Medan Deli Serdang dan beberapa kabupaten kota lainnya minimal 2 DPRD di setiap daerahnya, itu minimal," urainya.

"Hari ini semua bersemangat dan Kami yakin ketika buruh, petani, nelayan rakyat kecil itu konsekuen dan sadar di 2024 ini, suara kami jangan-jangan bisa mengalahkan partai-partai besar selama ini," tambahnya.

Oleh karena itu, sambung dia, pihaknya akan gencar melakukan kampanye bila sudah ditetapkan dan turun dan menyadarkan rakyat.

"Bahwasannya telah hadir partai rakyat kecil yang sejati yaitu Partai Buruh," tandasnya.

Dia pun menyampaikan, calon-calon yang diusung di DPRD kabupaten/kota maupun provinsi dan DPR RI, akan tetap.

"Mudahan-mudahan kalau tidak ada yang mengundurkan diri, mudah-mudahan orangnya akan tetap, yaitu murni dari kelas pekerja yaitu buruh, petani, nelayan, tukang ojek, itu caleg-caleg dari kita," tandasnya.

Ketua Dewan Penasehat DPP Partai Buruhm Henry Saragih menyampaikan, betapa beratnya membangun Partai Buruh. Namun hanya dengan tempo 2 tahun, partai ini sudah berhasil lolos untuk mengikuti pemilu 2024.

Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya persatuan di antara seluruh kader maupun caleg.

Hal senada juga disampaikan Katimsus DPP Partai Buruh Said Salahuddin. Menurut dia, kekuatan Partai Buruh ada pada militansi dan kerjasama.

"Bagi para caleg, ada jangan jalan sendiri-sendiri. Kalau ini anda lakukan, berarti anda sedang menggali kubur buat diri snda sendiri," tegasnya.

Makanya dia kembali menegaskan, jangan pernah jadikan kawan sesama kader khususnya para caleg di Partai Buruh sebagai musuh atau kompetitor.

Sementara itu, dalam deklarasi pemenangan Partai Buruh 2024, seluruh kader dan caleg sepakat dan berkomitmen untuk memenangkan calon anggota legislatif Partai Buruh pada pemilu 2024.

Bahkan, mereka akan bersatu gotong royong untuk memenangkan calon dari partai yang mencalonkan diri di lembaga Dewan Perwakilan Rakyat DPRD kota dan kabupaten, DPR RI. Sebab, para caleg ini dipercaya sebagai calon yang terbaik dari aspirasi untuk keadilan sosial kesejahteraan pekerja maupun perbaikan dalam sektor kesehatan, pendidikan dan lingkungan.