TOBA - Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Oktober 2023) Pemilihan umum, pemilihan legislatif (14 Februari 2024) dan pemilihan kepala daerah (November 2024), Pemerintah Kabupaten Toba melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik melakukan Pendidikan Politik kepada masyarakat, Jumat (15/9/2023). Bupati Toba, Poltak Sitorus menyampaikan, sebagai pemilih hendaknya kenalilah dulu siapa, dan apa visi dan misinya yang akan dipilih, jangan memilih seperti memilih kucing dalam karung.

"Mari kita gunakan hak dan kewajiban sebagai peserta dan pemilih dengan sebaik-baiknya. Utamakan kepentingan bangsa dan negara," kata Poltak Sitorus.

Selanjutnya Poltak menekankan pentingnya pemahaman akan politik seperti yang dilakukan saat ini, bahwa pelaksanaan Pemilu bukanlah untuk kepentingan pribadi, tapi kepentingan masyarakat bangsa dan negara.

"Karena besarnya potensi konflik jika pemahaman salah," katanya.

Di akhir arahannya, Bupati Poltak Sitorus berharap dengan tatanan adat Batak yang erat kekeluargaan, situasi Pilkades dan Pemilu di Kabupaten Toba berjalan aman dan lancar.