TOBA - Bupati Toba, Poltak Sitorus meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dijajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Toba mampu memanajemen waktu dengan baik dalam menjalankan tugas sesuai tufoksinya agar lebih produktif bekerja. Setiap ASN ditegaskan harus membuat daftar pekerjaan setiap hari, mulai dari pagi hingga malam. Dengan memulai dari poin daftar awal, program yang beresiko dan harus diutamakan.

Hal tersebut disampaikan Poltak Sitorus saat memimpin apel gabungan di Halaman Kantor Bupati Toba di Balige, Senin (11/9/2923).

Kadis Kominfo Toba melalui Kabid Informasi Komunikasi Rikardo Simamora, Selasa, (12/9/2023) menyebutkan Bupati Toba menegaskan daftar tersebut dibuat berurutan mulai dari pekerjaan paling penting hingga pekerjaan yang tidak beresiko. Penyusunannya, juga di buat dengan metode abjad.

"A, wajib dilakukan, jika tidak dilakukan ada konsekuensinya. B, punya konsekuensi yang ringan. C, pekerjaan yang tidak ada konsekuensinya, kalau dikerjakan baik, kalau tidak dikerjakan tidak merugikan. D, bisa didelegasikan. E, tidak perlu masuk list, tetapi jika dikerjakan akan menguntungkan," urainya mencontohkan.

Dalam amanahnya Bupati Toba juga menyampaikan beberapa point penting untuk memanajemen waktu dengan baik, salah satunya agar bangun 15 menit lebih cepat dari biasanya. 

"Bangunlah lebih cepat, agar kita lebih tepat waktu. Jika biasanya kita bangun pukul 5, maka berikutnya bangunlah 15 menit lebih cepat. Dampaknya kita lebih santai, tidak terburu-buru dan lebih safety, lebih aman dan terhindar dari celaka," katanya. 

Langkah selanjutnya adalah membuat roundown pekerjaan selama satu hari. Dan kemudian menyelesaikannya dengan tepat waktu.

"Pesan ini disampaikan Bupati Toba Poltak Sitorus, supaya setiap ASN harus membuat manajemen waktu serta harus melakukannya dengan baik, "pature (perbaiki) manajemen waktunya," tegas Bupati Poltak Sitorus dalam amanahnya.