MEDAN - Ratusan jamaah Majelis Muslimah Berdzikir (MMB) mengikuti kegiatan dzikir yang digelar di Masjid Agung Medan, Senin (11/8/2023). Acara dzikir ini diawali dengan bershalawat yang dirangkai dengan membaca Asmaul Husna bersama. Berikutnya tausiyah dan dzikir yang ditutup dengan doa dan shalat Ashar berjamaah.

Al Ustaz H Azwardin Nasution yang membawa dzikir dan tausiyah menyebutkan dzikir merupakan kunci pintu surga. Dimana dzikir yang paling utama disisi Allah SWT adalah shalat.

Ia juga menjelaskan rukun shalat ada 13 yang dibagi 3 bagian. Masing-masing;
rukun qauli, yakni diucapkan. Berikutnya adalah rukun qalbi (hati), dan rukun fi'li (perbuatan).

"Untuk rukun qauli, ada lima. Yang pertama, takbiratul ihram, membaca Surah Al Fatihah, tasyahud akhir, membaca shalawat dan terakhir salam," urainya.

Al Ustaz H Azwardin Nasution juga menjelaskan pada waktu ruku' disarankan melihat ujung jari kaki. Kemudian Waktu duduk kita melihat jari kanan. Waktu sujud kening dan hidung menyentuh sajadah.

Hadir dalam kegiatan ini beberapa penasehat, antaranya Hj Nimar dan Hj Enizar Dona.

Ketua Panitia Sri Wahyuni Nukman, di kegiatan dzikir kali ini jamaah yang mendaftar untuk hadir tercatat sekira 450an jamaah.

"Padahal sebelumnya kita sudah sepakati hanya mengundang 300 orang saja. Tapi karena setiap hari terus bertambah yang mendaftar, maka jumlah undangan kita tambah lagi." katanya.

Selain jamaah yang tergabung dalam MMB di Medan sekitarnya, hadir juga puluhan undangan dari berbagai daerah/luar kota seperti Medan Amplas, Binjai, Tanjung Morawa, Tembung dan Batangkuis.

"Kami yakin atas niat baik ibu-ibu sekalian yang hadir ke masjid ini tujuannya memang untuk berdzikir dan ikhlas beramal," sambung Sri Wahyuni.

Ketua Umum MMB Hj Dina Eldelina S Meliala ketika diwawancara menyampaikan pengajian MMB yang mengutamakan dzikir yang bertujuan bermuhasabah diri ini sudah terbentuk sejak setahun lalu.

Jamaahnya terus bertambah hingga saat ini tercatat sudah lebih 1200 anggota yang tersebar di Medan sekitarnya, Binjai dan Deliserdang.
Setiap bulan jamaah yang hadir itu lebih dari 400 orang.

Ia berharap para jamaah tetap konsisten beribadah dan mengikuti kegiatan dzikir dan shalawat yang setiap hari ada dilaksanakan lewat grup WhatsApp.

Kegiatan bertema 'Dzikir sebagai kunci menjaga keimanan dan ketenangan hati' ini dipandu MC, Hj Arsuna Wati dengan pembaca Alquran Jikki Madasa Lingga dan saritilawah, Hanim Siregar.