LABUHANBATU - Selama pelaksanaan Ops Zebra Toba 2023, Polres Labuhanbatu tidak hanya fokus pada penertiban para pelaku pelanggaran lalu lintas dengan tilang manual, namun juga gencar melaksanakan kegiatan Penyuluhan Keliling (Penling) kepada seluruh lapisan dan golongan masyarakat di Kab. Labuhanbatu dan Kab. Labuhanbatu Utara. Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, S.I.K., S.H., M.H., M.I.K., melalui Kasat Lantas AKP M. Ainul Yaqin, S.I.K., M.H. di sela-sela kesibukannya saat mengawasi Tim Khusus yang sedang patroli menyampaikan, Penyuluhan Keliling tersebut dilaksanakan setiap hari oleh seluruh Pos Lantas sejajaran Polres Labuhanbatu, mulai dari Kec. Kualuh Hulu, Kualuh Selatan, Aek Natas, NA IX-X, Rantau Selatan, Bilah Hulu, Bilah Hilir, bahkan sampai ke Kec. Panai Hulu.

"Bentuk penyuluhannya adalah untuk menyampaikan 8 prioritas sasaran Ops Zebra Toba 2023," ujar Kasat, Minggu (10/9/2023).

Adapun 8 prioritas itu antara lain, pengemudi ranmor yang menggunakan hp saat berkendara, pengemudi ranmor yang masih di bawah umur, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang, tidak menggunakan helm SNI dan safety belt, mengemudikan ranmor dalam pengaruh alkohol, pengemudi melawan arus lalu lintas, pengemudi ranmor yang melebihi batas kecepatan dan kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong.

"Dengan adanya penertiban terhadap 8 jenis pelanggaran yang dijadikan sebagai Prioritas tersebut, diharapkan dapat tercapai tujuan dari pelaksanaan Ops Zebra Toba 2023, yaitu menurunnya angka kecelakaan lalu lintas, menurunnya Fatalitas korban akibat kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat pelanggaran lalu lintas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," pungkas Kasat Lantas.