MEDAN – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Peduli Sosial turut berkontribusi dalam renovasi dan penyelesaian pembangunan dua gereja di Sumatera Utara yaitu Gereja HKBP Simaninggir di Desa Simaninggir, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Gereja BNKP Tugalamanu di Desa Hilisalo’o, Kecamatan Sitolu Ori, Kabupaten Nias Utara. Dengan total nilai perbaikan infrastruktur dua sarana ibadah ini Rp 150 Juta.

Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Unit TJSL Hutama Karya, Agus Kosasih kepada Arsupil Hutauruk selaku Pendeta HKBP Simaninggir dan Fangatulo Zega selaku Pendeta Gereja BNKP Tugalamanu secara virtual melalui aplikasi Zoom pada Jumat (8/9/2023).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa renovasi dan perbaikan infrastruktur sarana ibadah menjadi salah satu fokus TJSL Hutama Karya di tahun 2023.

“Sebelumnya telah dilakukan survei bersama antara Hutama Karya dengan para pengurus gereja. Kedua gereja tersebut perlu direnovasi, utamanya perbaikan atas kerusakan pada bagian atap, plafon, jendela, hingga pengecatan ulang untuk meningkatkan kualitas kenyamanan beribadah,” ujar Tjahjo lewat website resmi hutamakarya.com pada Sabtu (9/9/2023).

Lebih lanjut Tjahjo menjelaskan, kedua gereja tersebut dipilih lantaran lokasinya berdekatan dengan proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat serta Indrapura - Kisaran yang digarap perusahaan dan segera rampung dalam waktu dekat.

“Gereja ini merupakan sarana ibadah utama di Kecamatan Sitahuis yang dapat menampung hingga 600 jemaat. Kedepannya kami berharap agar bantuan dana renovasi gereja ini dapat menjadi solusi dengan menghadirkan sarana ibadah yang modern dan nyaman bagi pendeta, pengurus maupun jemaat Gereja HKBP Simaninggir sekaligus Gereja BNKP Tugalamanu. Melalui proses renovasi gereja ini, Hutama Karya juga telah berupaya menambah jumlah kapasitas jemaat saat beribadah, serta melengkapi berbagai sarana prasarana penunjang ibadah di Gereja,” tutup Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan.

Ketua pengurus HKBP Simaninggir – Arsupil Hutauruk menyampaikan apresiasi kepada Hutama Karya atas bantuan dana pembangunan Gereja HKBP Simaninggir. “Tentunya bantuan dari Hutama Karya ini akan sangat bermanfaat. Setelah dilakukannya proses pembangunan, kami yakin gereja ini dapat menjadi sarana yang nyaman bagi jemaat pada ibadah mingguan,” ujar Arasupil Hutauruk, Ketua HKBP Simaninggir.

Sebagai catatan, selama tahun 2023 Hutama Karya melalui program HK Peduli Sosial telah menyalurkan bantuan senilai Rp 285.650.000 yang dialokasikan dalam berbagai program perbaikan tiga sarana ibadah yakni Masjid Al Hikmah, Jakarta Timur, dan Renovasi di HKBP Simaninggir, serta penyelesaian pembangunan dan pemasangan instalasi jendela di Gereja BNKP Tugalamanu. Program HK Peduli Sosial ini akan terus berlanjut di beberapa daerah di Indonesia hingga akhir tahun 2023 dengan menghadirkan sarana ibadah yang nyaman dan modern. Seluruh rangkaian kegiatan HK Peduli Umat Beragama tersebut telah sesuai dengan ISO:26000 serta Sustainable Development Goals (SGDs) Pilar Pembangunan Lingkungan No. 11 tentang Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan.*