INHU - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhu H. Suwardi Ritonga SE membagikan 2.118 batang bibit jambu unggul citra bagi warga Desa Tanah Datar dan Desa Danau Tiga, Kecamatan Rengat Barat. Bibit yang disalurkan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Inhu pada Dinas Pertanian dan perkebunan.

"Hari ini saya dari Waka DPRD Inhu memberikan bibit untuk masyarakat Desa Tanah Datar dan Desa Danau Tiga,manfaatkan bibit ini sebaik-baiknya," ujarnya, Rabu (6/9/2023).

Dirincikannya, dari total bibit yang disalurkan ini 900 di antaranya diberikan ke Desa Tanah Datar 900 batang melalui Kelompok Tani Sido Makmur, Sumber Rezeki, dan Tunas Jaya. Kemudian 1218 batang di Desa Danau Tiga melalui Kelompok Tani Karya Utama, Kelompok Tani Karya Makmur, Kelompok Kroso Manunggal Kecamatan Rengat Barat.

Sebelum pemberian bibit ini, ia mengaku sempat berkonsultasi dengan Dinas Pertanian, perkebunan dan mempertanyakan bibit andalan yang bisa diberikan ke kelompok tani oleh Dinas Pertanian.

Setelah mendapat jawaban, bibit jambu citra, kemudian sertelah mendiskusikannya dengan kadis pertanian, dan mendapat persetujuan selanjutnya bisa masuk dalam program andalan prioritas pada APBD murni.

Ia mengaku sangat bahagia dan bangga dengan Kelompok Tani Desa Tanah Datar dan Desa Danau Tiga yang turut berperan untuk memperbaiki tatanan dan struktur bumi melalui komoditi bibit unggul jambu yang berunsur kayu.

"Nah mudah-mudahan apapun yang kita laksanakan penyerahan bibit jari ini, harapan saya tentunya bibit unggul ini bisa menjadi bermanfaat  terhadap seluruh petani.

Ia berharap hasil produksi jambu citra ini bisa menembus pasar modern, dengan pendampingan pemerintah atau dinas pertanian Kabupaten Indragiri Hulu.

Disamping itu, ia juga berharap produksi jambu ini bisa menjadi komoditi andalan Desa Tanah Datar dan desa Danau Tiga.

Kadis Pertanian Perkebunan Inhu, Dedi Dianto berterimakasih kepada Waka  DPRD Inhu H. Suardi Ritonga yang telah memprogram pemberian bibit jambu citra kepada Kelompok Tani Desa Tanah Datar dan Desa Danau Tiga Kecamatan Rengat Barat.