PALAS - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Palas menggelar kegiatan ekstrakurikuler madrasah, di lapangan madrasah, Senin (4/9/2023). Kepala MTsN 1 Palas Hj. Mahyarni Junida Nasution, S.Pd,MA secara resmi membuka kegiatan mengatakan, antusias siswa baru mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang berdedikasi sehingga memberi wawasan pengetahuan dan pengalaman dari kegiatan ini.

Diharapkan, kegiatan ini memberi manfaat positif dalam pengembangan pengetahuan dan pemahaman untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas diri.

"Melalui kegiatan esktrakurikuler ini diharapkan memberi dampak yang bernilai positif untuk mengali berbagai informasi untuk lebih memahami makna kegiatan ekstrakurikuler," katanya.

Dikatakan, setiap unit kegiatan madrasah dipimpin anggota  ekstrakurikuler yang memiliki  berdedikasi dan berpengalaman sehingga dapat mengemplementasikan ilmu kepada peserta didik baru. 

"Kegiatan ekstrakurikuler madrasah ini bagi siswa baru merupakan bagian integral dari pendidikan di MTsN 1 Palas," ujar Hj Mahyarni Junida Nasution.

Melalui kegiatan ekstrakurikuler, lanjutnya dapat pengembangan  bakat dan minat siswa dengan mengikuti berbagai kegiatan yang memberi manfaat untuk peningkatan kualitas diri untuk menjadi siswa berperstasi dan kreaktif dan inovatif.

Kegiatan ekstrakurikuler madrasah ini, sambungnya, diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada siswa baru untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan di luar jam pelajaran. 

Kegiatan ekstrakurikuler ini juga, kata Hj Mahyarni, para siswa baru dapat mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, serta menggali potensi diri di bidang-bidang yang diminati.

Ia berharap, siswa baru dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan di lingkungan madrasah, sehingga dapat mengali potensi diri untuk menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan minat dan bakat.

"Kegiatan ekstrakurikuler diikuti peserta didik dibuat kesepakatan melalui surat pernyataan ikut ekskul sesuai peraturan guru pembina atau pelatih yang di TTD di atas materai yg di setujui orang tua," ungkapnya.

Sementara itu, Baginda Mulia S.Pd. menyampaikan, kegiatan ekskul terdiri dari 12 jenis yaitu Komputer pembina awal Panusunan S.Kom; Sepak bola,Futsal, dan atlet pembina Nasran Efendi Nasution; bulu tangkis pembina Lukman; voli pembina Jamal.

Untuk kegiatan UKS pembina Ade Suhailah S.Pd dan awal Panusunan S.Kom, Tahfidz pembina Khoiruddin; Tilawah pembina Subuh; Pramuka pembina Supik Ani; Bahasa Inggris pembina Supik Ani, Bahasa Arab pembina Syukrinal; karate dari Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika,S.I.K.