PALAS - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Hutaraja Tinggi menggelar Sosialisasi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Kecamatan Hutaraja Tinggi dipusatkan di kanor Desa Ujung Batu II Trans Aliga, Kamis (31/8/2023). Peserta yang mengikuti sosoalisasi kader TP PKK Desa, Posyandu dari Desa Ujung Batu I sampai Desa Ujung Batu V Trans Aliaga sebanyak 25 peserta.

Kepala Desa, Heksanitya Nurul Huda,SP mengatakan, melalui sosialisasi dan desa ramah perempuan dan peduli anak dapat menambah wawasan pengetahuan bagi kalangan ibu-ibu terkait persoalan pelidungan perempuan dan anak.

Ia berharap, peserta yang mengikuti latihan dapat mengikutinya dengan serius sampai akhir kegiatan sehingga dapat di enpelementasikan ke warga.

Pemateri desa ramah dan peduli anak, Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Padanglawas (Palas) Suwandi Siregar, SH memaparkan, tentang UU tentang perlindungan anak dan perempuan kepada peserta.

Ada beberapa idikator penyebab, lanjutnya, kekerasan terhadap anak dan perempuan diantanya, faktor ekonomi dan mis komunikasi dan peretengkaran didalam keluarga.

Dikesempatan itu juga, Ketua TP2TP2A Kabupaten Palas memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya terkait kasus kekerasan anak dan perempuan.

Para peserta, memberikan jawaban persoalan anak menjadi dilema yang saat ini banyak tetpengaruh karena lingkungan dan smatphone karena banyak konten yang berdampak negatif saat ini.

Ibu-ibu kader PKK Desa berharap, kegiatan ini terus berkesinambungan karena memberi nilai positif bagi kaum hawa dalam memberikan pembinaan terhadap anak khususnya yang masih di bawah umur.