MANDAILINGNATAL - Bus Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) mengunjungi Kabupaten Mandailingnatal, Selasa (29/8/2023). Sekitar 280 masyarakat dilayani Bus BKB dari pengobatan penyakit dalam, operasi bibir sumbing, hingga sunatan. Kegiatan yang dilaksanakan di UPT Mompang, Jalan Lintas Sumatera, Mandailingnatal ini ditinjau langsung Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. Edy Rahmayadi berharap melalui kunjungan Bus BKB, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan.

"Bus ini terus berjalan dan tujuannya untuk mengobati dan screening penyakit yang diderita masyarakat, tetapi yang paling penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat soal kesehatan," kata Edy Rahmayadi usai meninjau kegiatan Bus BKB.

Pada kesempatan ini Bus BKB melayani 90 pengobatan penyakit dalam, mengkhitan 180 anak nan mengoperasi 3 bibir sumbing. Edy Rahmayadi berharap kehadiran Bus BKB bisa mengurangi beban masyarakat.

"Kita ingin negara hadir mengurangi beban masyarakat, saya harap ini bisa meringankan beban masyarakat," kata Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, Bus BKB terus beroperasi membantu masyarakat. Sebelumnya, salah satu bus BKB juga melayani masyarakat di Labuhanbatu.

"Satu ada di Ulu Pungkut dan satu di sini, sebelumnya mereka dari Rantauprapat melayani masyarakat," kata Alwi Mujahit Hasibuan.

Salah satu warga yang memanfaatkan layanan Bus BKB, Liswan Batubara mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan ini. Pria 48 tahun ini merasa dilayani dengan baik dan juga teredukasi.

"Diajari sama dokter cara perawatan sakit gula, diberi obat yang bagus, merawat luka, apalagi jempol kaki saya juga sudah di potong (amputasi) dokter karena udah infeksi katanya," kata Liswan Batubara.

Ikut mendampingi Gubernur Sumut meninjau Kegiatan Bus BKB antara lain Wakil Bupati Mandailingnatal Atika AU Nasution, Kadis Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus serta OPD terkait lainnya. Hadir juga OPD Pemkab Mandailingnatal, jajaran UPT Puskesmas Mompang, serta tokoh masyarakat. *