PALAS - Personel Polsek Barumun Tengah bersama unsur Forkopincam melakukan penanaman bibit pohon di enam titik lokasi yang tersebar di sekitar Polsek dan desa. Sasaran penghijauan yang menjadi lokasi penanaman pohon sepanjang jalan lintas Gunung Tua - Sibuhuan meliputi Mako Polsek Barumun Tengah, 10 pohon, Desa Binanga, 30 pohon, Desa Sihaborgoan Dalan, 15 pohon, Desa Siboris Dolok 15 pohon,Desa Siboris Bahal, 15 pohon dan Desa Aek Buaton 15 pohon.

Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika, S.I.K melalui Kapolsek Barumun Tengah, AKP Syawaluddin H.SH mengatakan, kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon ini dalam rangkaian HUT RI ke 78.

Syawaluddin juga berpesan, setelah ditanam diharapkan dikakukan pemantauan dan perawatan tanaman agar tetap tumbuh dengan baik.

Menurutnya, tujuan penanaman bibit pohon ini untuk dapat mencegah polusi udara ekstrem saat ini sekaligus penghijauan lingkungan yang sejuk dan nyaman.

"Semoga tanaman ini tumbuh subur dan bermanfaat yang bisa menghasilkan produksi buahnya, sehingga bisa dinikmati oleh warga masyarakat" kata AKP Syawaluddin, Rabu (23/8/2023).

Camat Barumun Tengah, Sarwoedi Hasibuan, S.Sos mengatakan, pemerintah kecamatan menyambut baik program penghijauan ini.

"Fungsi pohon yang ditanam ini nantinya bisa menjadi perindang dan buahnya dapat dimanfaatkan secara umum," ucapnya.

Ia berharap, bibit pohon yang ditanam dapat dirawat supaya dapat tumbuh subur dan berfungsi menjadi penghijauan lingkungan.

"Kami berterimakasih dengan program Polri lestarikan negeri dengan penanaman pohon serentak," pungkasnya.

Turut serta dikegiatan penanaman pohon tersebut, Danramil 10 Binanga, Letda Inf. Khoirullah, Bhayangkari Polsek Barumun Tengah, Kepala Desa Binanga, Humala Pontas Hasibuan, Kepala Desa Sihaborgoan Dalan Marahalim Siregar, Kepala Desa Siboris Dolok, Bincar Bakti Harahap, Kepala Desa Siboris Bahal, Mora Tua Siregar dan Kepala Desa Aek Buaton, Husni Mubarak Nasution.