PALAS - Upaya penghijauan sejak dini untuk lestarikan negeri, Polres Padanglawas (Palas) melaksanakan penanaman ribuan batang pohon secara serentak bersama Pemda dan unsur Forkopimda di Kabupaten Palas, Rabu(23/8/2023). Kapolres Padanglawas,AKBP Diari Astetika ,S.I.K mengatakan kegiatan penanaman seribu batang pohon ini dalam rangkaian mewarnai kemeriahan HUT RI Ke-78 Tahun 2023.

Dikatakan, penanaman ribuan batang pohon ini merupakan upaya untuk mengurangi panas yang terjadi atas perubahan iklim saat ini.

Kata Kapolres, adapun jenis pohon yang ditanam secara serentak tersebut, antara lain jenis  tanaman bibit pohon mangga, rambutan, durian, kuini, ecalyptus, jambu.

“Aksi penanaman pohon serentak ini  merupakan kontribusi polri, dalam rangka mengatasi perubahan iklim global yang sangat ekstrim saat ini,” jelas AKBP Diari Astetika.

Lanjut Kapolres, kegiatan penanaman pohon ini merupakan progam Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia mulai tingkat Mabes Polri, Polda, Polres hingga Polsek jajaran.

"Untuk penanaman seribu pohon serentak ini juga dilaksanakan jajaran Polsek Polres Palas dengan jumlah setiap Polsek sebanyak 100 pohon," terangnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Palas, Arpan Nasution,S.Sos mengapresiasi, program Polri lestarikan negeri dalam mewujudkan dan mengoptimalisasi penanaman ribuan pohon secara serentak oleh  para personil kepolisian diseluruh wilayah termasuk di Polres Palas. 

Selain itu juga, lanjutnya kegiatan ini merupakan perwujudan penghijauan, penanaman ribuan batang pohon tersebut, dapat berfungsi untuk menjaga kelestarian lingkungan serta ekosistem alam.

“Apa yang dilakukan jajaran polri ini, merupakan salah satu wujud nyata, untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, khususnya memperbaiki iklim dan udara disekitar serta berfungsi sebagai penghijauan lingkungan," pungkasnya.