TOBA - Polres Toba melaksanakan penanaman bibit pohon di Lapangan Polsubsektor Siantar Narumonda, Kabupaten Toba, Rabu (23/08/2023).


Kegiatan penghijauan penanaman pohon ini digelar secara serentak di seluruh jajaran Polri di NKRI dengan program 'Polri Peduli Penghijauan' yang dilaksanakan secara simbolis sebagai tindak lanjut instruksi Kapolri dalam mewujudkan pelestarian lingkungan.

Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S..I.K dalam penuturannya kepada beberapa awak Media menerangkan, penanaman pohon ini terdiri dari berbagai jenis tanaman keras dan pohon yang menghasilkan buah seperti Mahoni, Mangga, Lengkeng, dan Rambutan.

"Salah satu tujuan utama penanaman pohon berbagai jenis ini untuk menciptakan serta memberikan kualitas udara yang bersih dan sejuk serta diharapkan kedepan udara di lingkungan kita akan semakin lebih baik," ujarnya.

AKBP Taufiq juga menegaskan, untuk program ini dilakukan penanaman sebanyak 1600 pohon yang diikuti seluruh Polsek jajaran di wilayah hukum Polres Toba.

"Kegiatan yang kita lakukan saat ini sebagai contoh kepada masyarakat untuk supaya lebih giat lagi melakukan penanaman pohon di sekitar lingkungan masing masing khususnya dilahan lahan miliknya yang masih kosong,” terangnya.

Untuk pelaksanaan kegiatan ini sudah diagendakan untuk dilakukan setiap tahun.

"Untuk tahun 2023 ini kita awali tepat di musim hujan saat ini. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Kapolri dalam menciptakan iklim bersih dan sehat serta upaya pelestarian dan penghijauan alam demi mengurangi polusi udara," tandasnya.

Terpisah, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak juga menyampaikan, penanaman bibit pohon ini dilakukan bersama Kapolres Toba dan jajaran. Di mana, Pemerintah Kabupaten Toba sangat mengapresiasisi dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini.

"Penanaman pohon dengan berbagai jenis ini juga bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan demi keberlangsungan simbiosis kehidupan di masyarakat Indonesia serta memberi manfaat bagi masyarakat sekitar dengan berbagai henis buah yang dihasilkan nantinya secara khusus bagi bangsa dan negara," ucapnya.