PALAS - Anugrah piagam penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2023 secara simbolis diserahkan Sekda, Arpan Nasution,S Sos kepada Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH, di Aula Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Selasa (22/8/2023). Anugrah penghargaan KIP kategori penilian informatif diraih Pemkab Palas berdasar penilaian KIP Sumut, dengan melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap keterbukaan informasi publik di seluruh OPD dan kabupaten/kota se Sumut.
 
Monev dilakukan mulai dari jadwal pengisian Self Assement Questionnaire (SAQ) dan prestasi keterbukaan informasi publik PPID di kantor KIP Provinsi Sumut dan visitasi KPI Sumut dalam hal pengiriman data visual, website dan dokumentasi serta sarana pelayanan lainnya.
 
Plt Bupati Palas, usai menerima anugrah piagam penghargaan KIP mengatakan, prestasi yang diraih ini bertujuan untuk mendorong badan publik mewujudkan keterbukan informasi publik, harus tunduk sesuai ketentuan UU Nomor : 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.
 
Dikatakan, tujuan dari UU Nomor :14 Tahun 2008 tentang bertujuan informasi publik bertujuan menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik.
 
Menurut Plt Bupati, semua program kebijakan publik dan proses pengambilan keputusan publik,serta alasan pengambilan suatu keputusan publik.
 
"Anugrah keterbukaan informasi publik, mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik. Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik," katanya.
 
Ia berharap, dengan anugrah ini mnjadi motivasi bagi pemerintah daerah, mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik dalam bentuk transaparan,efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.
 
Dengan anugarah ini, lanjutnya tentu dapat mengetahui alasan kebijakan publik yang mempengaruhui hajat hidup orang  banyak.
 
Ditambahkan, dengan adanya anugrah keterbukaan informasi publik dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dalam memcerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan badan publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas.
 
Plt Bupati juga menekankan, Kadis Kominfo dan Informatika Palas untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan publik dengan baik sehingga segala informasi publik dapat diakses secara terbuka oleh siapa saja termasuk masyarakat.
 
"Anugrah ini menjadi titik awal untuk meningkatkan pelayanan publik melalui peran aktif masyarakat sehingga memberikan keterbukaan informasi yang berkualitas," tutupnya.