TOBA - Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di Jalan Lintas Sumatera Medan-Tarutung, tepatnya di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Minggu (20/8/2023) sekitar pukul 16.30 Wib. Kejadian ini menyebabkan satu orang penumpang meninggal dunia. Peristiwa tersebut terjadi antara kendaraan mobil Datsun warna putih BK 1855 ABF kontra bus Pariwisata Mas Jaya AE 7121 US.

Kasat Lantas Iptu Rapindo T Siahaan saat dikonfirmasi membernarkan peristiwa kecelakaan Lalulintas tersebut.

"Dalam perisitiwa kecelakaan tersebut mengakibatkan satu orang penumpang mobil Datsun meninggal dunia," katanya.

Informasi yang dihimpun, kronologis kejadian sebelum perisitiwa kecelakaan terjadi kendaraan mobil Datsun yang dikemudikan Robinson (36) warga Perum Griya Lebak Wangi 2 Blok G7 No.09, Kelurahan Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten datang dari arah Medan menuju Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), membawa 5 orang penumpang.

Setibanya di lokasi kejadian, Robinson berupaya mendahului sebuah kendaraan mobil yang persisi tepat berada di depannya saat itu.

Namun diduga saat mendahului,
mobil Datsun melaju terlalu melaju ke kanan ruas badan jalan dan bersamaan naas tiba tiba dari arah berlawanan melaju bus pariwisata yang dikemudikan Jonni Lumban Tobing (60) warga Jln.Garuda No 3 EE Perumnas Mandala, Kelurahan Kenangan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Akibatnya kedua kendaraan tidak bisa, mengelak sehingga terjadi kecelakaan.

Saat itu, bus pariwisata membawa 40 orang penumpang menuju Medan.

Dalam peristiwa ini, seorang penumpang Jimrod Sidauruk (53) warga Jalan Pringgan Kelurahan Helvetia Kecamatan Sunggal Kota Medan, meninggal dilokasi kejadian. Sementara 4 penumpang lainnya mengalami luka-luka dan dievakuasi ke ke RSUD Porsea untuk mendapatkan perawatan.

Peristiwa kecelakaan masih dalam penanganan dan pemeriksaan tim penyidik Satlantas Polres Toba.

"Untuk kendaraan Datsun yang kondisi fisik bagian depan mobilnya hancur serta mobil bus Pariwisata Mas Jaya telah di tarik dan diamankan ke Unit Laka Lantas Polres Toba untuk tindak lanjut proses pemeriksaan hukum selanjutnya," ujarnya.

Pengemudi bus pariwisata saat ini sudah diamankan di Polres Toba untuk dimintai keterangan lebih lanjut.