Toba - Dengan kondisi Cuaca mendung diserta guyuran hujan gerimis perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 78 Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba tetap berlangsung dengan khidmat yang di hadiri masyarakat yang datang dari berbagai pelosok desa se Kecamatan Laguboti. Upacara dan sekaligus pagelaran berbagai acara menyemarakkan HUT RI ke - 78 Kamis, 17 Agustus 2023 Kecamatan Laguboti digelar ditanah lapang tangsi Laguboti.
 
Bertindak sebagai inspektur Upacara Camat Laguboti Aprilia Nessy Tampubolon dan Bisar Gultom anggota DPRD Toba sebagai pembaca teks Proklamasi.
 
Camat Laguboti Aprilla Nessily Tampubolon dalam sambutan dan amanahnya berpesan supaya masyarakat kecamatan Laguboti tetap bekerja sama serta dapat mendukung penuh kinerja pemerintahan dalam upaya pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang unggul, salah satunya dalam tahapan upaya pembangunan lingkar dalam kota laguboti.jelasnya .
 
Binsar Gultom anggota DPRD Kabupaten Toba dari Dapil 5 (Kecamatan Silaen, Sigumpar dan Laguboti) dari partai Perindo juga menghimbau seluruh lapisan elemen dimasyarakat khususnya Kecamatan Laguboti agar tetap bersatu padu mendukung pemerintah dalam berbagai program pembagunan yang telah dicanangkan secara khusus di kecamatan laguboti.
 
Sebelumnya Panitia HUT Kemerdekaan RI ke-78 Kecamatan Laguboti telah menggelar berbagai kegiatan Lomba untuk menyambut dan menyemarakkan perayaan HUT 17 Agustus 2023 dan telah menghimpun para juara dari Lomba Gerak Jalan Kreatif tingkat pelajar SD dan SMP, Lomba memasak masakan tradisonal Batak oleh Tim PKK Desa se Kecamatan Laguboti, Senam Lansia dan Tarik Tambang.
 
Usai Pawai dan Upacara penaikan Bendera digelar sebagai hiburan acara dilanjutkan dengan berbagai atraksi penampilan seni Tortor Kreasi Budaya Batak oleh siswa/i TK/PPAUD,SD, SMP dan SMA se Kecamatan Laguboti dan Drum Band.
 
Diakhir perayaan sebelum upacara penurunan Bendera digelar, panitia HUT Kemerdekaan RI Kecamatan Laguboti mengumumkan para juara lomba dan memberikan piagam penghargaan serta uang pembinaan dari Panitia HUT.