PALAS - Serba serbi rangkaian memeriah HUT RI ke 78 digelar Pemkab Padanglawas (Palas) mulai pangelaran seni budaya, pawai karnaval serta pempilan adat daerah sudah menjadi tradisi dearah ditengah masyarakat. Kegiatan pawai karnaval yang diikuti kalangan pelajar mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP serta SMA dan masyarakat umum mewarnai kemeriahan mennyambut HUT RI ke 78 di daerah yabg dikenal dengan Kabupaten beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya).

Sekda Kabupaten Palas, Arpan Nasution, S.Sos,secara resmi melepas peserta pawai karnaval dari lokasi lapangan Merdeka Sibuhuan dengan rute yang ditempuh sepanjang dari Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhian terus ke jalan Prof, M.Yamin, SH dan Jalan Vetaran, Banjar Raja serta berakhir di pangung kehormatan di Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Rabu (16/8/2023).

Selain menampilkan beragam pakaian adat budaya, profesi dan pakaian pahlawan pejuang kemerdekaan serta kebhineka tunggal ika mewarnai semaraj HUT RI ke 78.

Tampil dengan maksimal para peserta pawai karnaval dari peserta didik dari semua tingkatan sekolah menamnah hasanah nuansa kemeriah karena adanya berbagai penampilan iring - iringan peserta pawai dari kategori pelajar sampai masyarakat umum ikut andil dalam kegiatan karnaval sebagai agenda setiap tahunnya.

Para peserta tersebut, menampilkan berbagai macam pakaian adat budaya seluruh indonesia juga ada yang berpakaian layaknya seorang petani dan pedagang,pejuang kemererdekaan serta berbagai pernak pernik tampilan klosal yang mwmaknai nilai perjuangan kemerdekan RI menjadi meriah.

Amatan Go Sumut dilokasi kegiatan pawai karnaval, antusias masyarakat mencapai ribuan orang tumpah ruah dilokasi kegiatan karnaval sebagai bentuk menyambut kemerihan HUT RI

Plt Bupati Palas, drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu usai menyambut peserta pawai karnaval dipanggung kehormatan mengatakan, semarak memeraihkan HUT RI di daerah ini sudah menjadi tradisi tahunan ditengah masyarakat untuk tampil sebagai bentuk kemeriahan nilai perjuangan kemeredekan RI.

"Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kesuksesan pawai kannaval yang diikuti ribuan masyarakat umum dan pelajar,"katanya.

Ia juga menyampaikan, selamat merayakan HUT RI ke -78 tahun 2023 bagi seluruh masyarakat Kabupaten Palas yang terus membudayakan pawai karnaval jadi agenda tahunan bagi pemerintah daerah.

Merujuk tema HUT RI "Terus Melaju untuk Indonesia Maju", Plt Bupati berharap, membawa manfaat dan berkah bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Padanglawas.

Termasuk menuju bangkitnya kemajuan daerah yang lebih baik untuk kesejahteraan seluruh warga masyarakat Kabupaten Palas kedepannya dalam mewujudkan Kabupaten yang Bercahaya.

"Terimakasih kepada seluruh masyarakat yang turut memeriahkan HUT RI dengan ikut andil dan peran dalam iringan karnaval yang mewarnai kemerihan kemerdekaan," ujarnya.

"Semoga kegiatan pawai karnaval ini bermanfaat membangun hubungan silaturrahmi dan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat dalam menyonsong masa depan Kabupaten yang lebih maju dan sejahtera," imbuhnya.

Kegiatan pelepasan pawai karnaval tersebut, turut dihadiri Wakapolres Palas, Kompol Sigianto, Kajari Palas, Teuku Herizal, SH, MH, Pabung Kodim 0212/TS, Sekda Palas, Arpan Nasution S.Sos, Ketua TP PKK Kabupaten Palas,Ny Emma Nurul Zarnawi dan pengurus PKK, Ketua Cabang Bhayangkari Palas, Ny Tenry Diari, para pimpinan OPD Pemkab Palas.