TOBA - Untuk memeriahkan HUT RI ke-78 tahun 2023 Forkopimda Kabupaten Toba menggelar gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih di Bundaran D.I Pandjaitan kota Balige, Kamis (10/8/2023). Meski diguyur hujan gerimis, pembagian bendera tetap semangat dan antusias diberikan kepada masyarakat dan para pengendara yang melintasi dari pusat kota Balige. 
 
Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Toba, Josib Broztito Sianipar selaku ketua pelaksana menyampaikan, gerakan ini untuk membangun semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air kepada seluruh lapisan warga masyarakat.
 
Lanjutnya, bendera merah putih adalah identitas, simbol dan jati diri serta sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia. Karenanya, diharapkan seluruh masyarakat Toba, selama bulan kemerdekaan (Agustus) bendera merah putih terus berkibar.
 
"Gerakan ini juga bertujuan mendukung gerakan nasional, meningkatkan rasa nasionalisme, dan menyemarakkan HUT RI di Kabupaten Toba," ujarnya.
 
Sebelumnya, Bupati Toba, Poltak Sitorus mengatakan gerakan membagikan 10 juta bendera merah putih ini untuk membangun serta membangkitkan rasa nasionalisme kebangsaan seluruh rakyat Indonesia.
 
Poltak Sitorus juga mengatakan, sebagai warga Negara Indonesia di perayaan HUT RI ke - 78 ini, kembali mengenang perjuangan para pahlawan bangsa ini dalam merebut kemerdekaan yang telah mempertaruhkan darah, jiwa dan raganya. 
 
"Sekarang kita sudah menjadi bangsa yang merdeka.untuibitu mari kita isi kemerdekaan ini berbagai pengabdian kita terhadap nusa dan bangsa.kita harus berjuang untuk bebas dari kebodohan serta harus merdeka dari kemiskinan," ujarnya.
 
Usai menyampaikan sambutan, Poltak Sitorus bersama Forkopimda Kabupaten Toba dan TP-PKK Kabupaten Toba, membagi-bagikan bendera merah putih kepada pengendara yang melintas dan masyarakat sekitar. 
 
Selain itu pada perayaan HUT RI ke-78 tahun ini unsur Forkopimda juga melaksanakan bakti sosial dengan memberikan tali asih kepada para pengidap HIV/AIDS yang dipusatkan di RS HKBP Balige. 
 
Unsur Forkopimda Kabupaten Toba bersama Dandim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal,S.Hub.Int juga memberikan bantuan sembako ke Panti Karya Hephata di Desa Sintong Marnipi Kecamatan Laguboti.