PALAS - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) menggandeng Dinas Kesehatan dan Persatuan Ahli Gisi (Persagi) menggelar program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat). Kegiatan Dashat tersebut berlangsung di Gubuk Coffe dan Resto D.Viza Sibuhuan yang diikuti 5 kelompok peserta dari kader Dashat terdiri dari kelompo kader, TPG Puskesmas dan Korlap KB Kecamatan se Palas, Jumat (11/8/2023).

Kadis DP2KBP3A, Hj Markiah Hasibuan melalui Kabid Dalduk, Srinova Yanti Harahap didampingi Satgas Stunting Kabupaten Palas, Ahmad Syarifuddin Rambe mengatakan, pelatihan masak ini untuk mengatasi stunting yang menyasar keluarga resiko stunting (KRS) yang akan dilakukan di Kampung Keluarga Berkualitas(KB).

Diharapkan, melalui kegiatan Dashat in mampu mengubah pola perilaku masyarakat, dalam penyiapan gizi seimbang yang dimulai keluarga.

Menurut Srinova, pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam pemenuhan gizi keluarga sangat membantu dalam upaya penurunan stunting.

Melalui Dashat ini tentu pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang. Jadi, seluruh keluarga yang mempunyai risiko stunting, seperti ibu hamil, ibu menyusui, baduta (balita di bawah dua tahun), balita stunting, terutama dari keluarga kurang mampu dapat terpenuhi gizinya.

Kata Srinova, melalui pemanfaatan sumber daya lokal, termasuk bahan pangan lokal yang dapat dipadukan dengan sumber daya dari mitra lainnya dapat memenuhui penyiapan gizu seimbang.

"Dengan kegiatan Dashat dengan pemberdayaan masyarakat kelompok desa. Diyakini upaya tersebut akan memberikan hasil optimal dalam upaya pencegahan kasus stunting," imbuhnya.

Ia menambahkan, hal itu merupakan wujud tanggung jawab bersama, dalam menyiapkan sumber daya manusia berkualitas, menyambut bonus demografi. Jangan sampai para generasi penerus terkena stunting, dan mengalami gangguan tumbuh kembang pada tubuh dan otak, karena kurung gizi.

Ditambahkan, capaian positif itu tidak menjadi alasan untuk berhenti bekerja dalam percepatan penanganan stunting.

“Kalau melihat kebersamaan ini dan terus kompak ,upaya mengatasi kasus stunting akan berhasil," ungkap Srinova.

Kegiatan sesi sosialisasi sekaligus latihan masak Dashat, memperagakan menu makanan yang bisa disajikan dengan gizi yang seimbang oleh masing-masing kelompok yang menjadi peserta kegiatan Dashat.