Toba - PT TPL menggelar peresmian dan serah terima jembatan Aek Mandosi IV Tanjung Pasir Desa Lumban Manurung, Kecamatan Parmaksian kepada Pemerintah Kabupaten Toba, Kamis (10/08/2023). Jembatan Aek Mandosi IV Tanjung Pasir ini sebagai jembatan utama penghubung 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Toba seperti Kecamatan Porsea, Bonatualunasi, Parmaksian dan Pintupohan Meranti.

Untuk pembangunan jembatan Aek Mandosi IV Tanjung Pasir desa Lumban Manurung dulu pembangunannya dajukan kepada PT.TPL.Tbk dimasa pemerintahan Bupati Toba Ir.Darwin Siagian dengan wakilnya Ir.Hulman Sitorus,M.Si.saat itu jembatan Aek Mandosi IV, tepat di bulan Desember 2020 roboh karena sudah tua mengakibatkan tarnsportasi di jalan tersebut terputus total sekitar 1 tahun lamanya.

Dari pengakuan warga sekitar, sebelum jembatan selesai dibangun oleh PT.TPL, diwaktu malam hari sering terjadi kecelakaan terhadap pengendara roda 4 dan Roda 2 yang terperosok masuk kedalam sungai karena ketidak tahuaan pengendara, bahwa jembatan telah putus.

Mengingat jalan dan jembatan tersebut di bawah pengawasan dan pengelolaan BBPJN (Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional) dan Dinas Bina Marga PUTR Prop.Sumut, untuk merealisasikan pembangunannya tidaklah mudah. walaupun untuk pembangunannya telah disetujui dan disanggupi oleh PT.TPL.Tbk perusahaan penghasil bahan baku kertas (Pulp) yang berdiri dan beroperasi di Sosorladang Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba.

Disebutkan, Untuk melakukan pembangunannya harus seijin dari Pihak Pemerintah Propinsi Sumut melalui Bina Marga Dinas PUTR dan pihak BBPJN (Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional) Prop.Sumut.

Disebabkan ijin yang begitu lama diterbitkan oleh pihak terkait di Propinsi Sumut membuat pembangunan jembatan Aek Mandosi IV Tanjung Pasir ini tersendat. padahal pihak PT.TPL,Tbk telah setuju dan menyanggupi untuk membangunnya dengan mengunakan alokasi dana anggaran dari Dana CSR (Corporate Sosial Respontsibility) perusahaan.

Setelah beberapa lama dengan perjuangan dari beberapa pihak, DPRD Kabupaten Toba dan pemerintah Kabupaten Toba, Dinas PUTR dan beberapa SKPD terkait bersama masyarakt, akhirnya untuk pembangunan jembatan disetujui Pemerintah Prop.Sumut melalui Dinas Bina Marga PUTR dan BBPJN Prop. Sumut.

Untuk pengerjaan pembangunannya di mulai pada awal tahun 2022 lalu hingga selesai dan hari ini Kamis, (10/08/2023) dilaksanakan acara serah terima jembatan dari PT.TPL,Tbk kepada Pemerintah Kabupaten Toba.

Direktur PT.TPL Monang Simatupang menyampaikan, dengan ajuan permohonan usul dari warga pembangunan jembatan Aek Mandosi IV Lumban Manurung Kecamatan Parmaksian dapat terealisasi.

PT.TPL.Tbk dalam perjalanan operasionalnya berkomitmen menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat.salah satu dibuktikan dengan terelaisasinya pembangunan jembatan Aek Mandosi IV di desa Lumban Manurung.ini salah satu bukti komitmen perusahaan dalam perjalanan operasionalnya tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

Hari ini jembatan kita serah terimakan kepada pemkab Toba dengan disaksikan unsur terkait dari Propinsi Sumatera Utara, Anggota DPRD Toba, Camat Parmaksian, Kepala Desa diwakili jajaran perangkat pemerintahan desa, SKPD terkait Pemkab Toba dan masayarakat desa Lumban Manurung.

Ditambahkannya, jembatan Aek Mandosi IV desa Lumban Manurung di bangun dengan ukuran Panjang 14 Meter dan Lebar 5,5 Meter dengan biaya Rp.1,7 Milliar dari dana CSR (Corporate Sosial Respontsibility) Perusahaan.

"PT.TPL tetap siap mendukung program pembangunan bagi masyarakat Toba selama dimasa kepemimpinan Bupati Toba Ir.Poltak Sitorus guna memajukan masyarakat Toba untuk semakin lebih baik kedepan.PT.TPL tetap berkomitmen membangun Toba.untuk itu mari kita jadikan TPL menjadi berkah bagi kita semua.kedepan tetap kita jalin komunikasi kerja sama dan saling mendukung untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat Toba kedepan".ucapnya.

Kabid Bina marga Dinas PUTR Prov.Sumut Tukkot boru Hutapea mewakili Kadis PUTR Prop.Sumut menyampaikan ucapan terima kasih atas telah terlaksananya pembangunan jembatan Aek Mandosi IV desa Lumban Manurung berkat kerjasama Pemkab Toba dengan pihak PT.TPL,Tbk.

Diakuinya, jalan tersebut adalah milik Propinsi, mulai dari Porsea Kabupaten Toba menuju perbatasan Kabupaten Asahan.sebelumnya jembatan ini telah diwacanakan untuk dibangun selama +_ 2 Tahun.yang pada akhirnya untuk pembangunannya bisa direalisasikan oleh PT.TPL,Tbk.atas perhatian dan dukungan serta kerja sama PT.TPL dengan pemkab Toba hingga terbangunannya jembatan dengan sukses atas nama pemerintah Propinsi Sumut kami sangat mengapreasi dan mengucapkan terimakasih kepada jajaran Management perusahaan.

"Kedepan kita tetap berharap jalinan komukasi kerja sama ini tetap terjalin dengan baik demi masyarakat luas".imbuhnya.

DPRD Toba yanga hadiri anggota DPRD Fauzi Sirait bersama Mutiara Panjaitan dari Partai PDI Perjuangan menyampaikan, DPRD Kabupaten Toba memohon kepada pihak Prop.Sumut untuk peningkatan jalan dari Porsea - Lumban Manurung Hingga Sosorladang Kecamatan Parmaksian di sepanjang ruas badan jalan pada jembatan yang sudah dibangun.karena untuk pengelolaan jalan tersebut selama ini di danai dari Dana DAK (Dana Alokasi Khusus) Kabupaten Toba.

Kami ucapkan selamat atas serah terima pembangunan jembatan yang dibangun oleh PT.TPL.

Fauzi juga menyampaikan harapan warga kepada Bupati Toba supaya Yayasan Bona Pasogit Sejahtera (YBPS) bisa membangun sekolah tingkat SMA di lokasi yayasan BPS saat ini.hal ini mengingat kebutuhan gedung sekolah SMA bagi warga Kecamatan Parmaksian secara umum sangat dibutuhkan.

Bupati Toba Poktak Sitorus dalam sambutannya menyampaikan, atas terbangunnya jembatan Aek Mandosi IV desa Lumban Manurung diharapkan ekonomi masyarakat bertambah meningkat.

Terima kasih atas respon PT.TPL yang telah merealisasikan dan menyelesaikan pembangunan jembatan Aek Mandosi IV desa Lumban Manurung yang hari ini digelar acara serah terima.

Kedepan jembatan harus diawasi dan dijaga secara bersama sama oleh seluruh warga dan jangan sampai di lintasi oleh kendaran yang melebihi kapasitas tonase demi keselamatan jembatan dan bisa berumur panjang.

Tak luput Bupati Toba menyampaikan kepada seluruh masyarakat harus bekerja keras dengan mengusahai lahan pertanian dengan pro aktif dengan tanam dua kali panen dua kali.jangan menyerah, terus berjaung dengan prinsip "Torus Pature, Pature Torus". karena jembatan sudah bagus transportasi pengangkutan hasil pertanian pasti sudah aman dan lancar.

Di akhir acara, Bupati Toba Poltak Sitorus menyematkan Ulos Batak kepada Direktur PT.TPL,Tbk Monang Simatupang sebagai cendera mata dan ucapan terima kasih kepada PT.TPL.Tbk dan jajaran Management yang telah merealisasikan dan menyelesaikan pembangunan jembatan Aek Mandosi IV desa Lumban Manurung dilanjutkan dengan penanda tanganan batu prasasti jembatan sekaligus pengguntingan pita pertanda resminya jembatan di gunakan serta diserah terimakan kepada Pemkab Toba.

Acara serah terima jembatan turut dihadiri dan disaksikan langsung Kabid Bina marga Dinas PUTR Prov.Sumut Tukkot boru Hutapea mewakili Kadis PUTR Pro Sumut dan pihak Bina Marga BBPJN Prop.Sumut, Anggota DPRD Toba Fauji Sirait dan Mutiara Panjaitan dari Partai PDI Perjuangan, Plt.Kadis PUTR Toba Sofyan Sitorus diwakili Kabid Jalan Jembatan Saur Sitorus,Camat Parmaksian Ronald Sirait, Kapolsek Porsea Daniel Aritonang, Danramil 13 Porsea Kapt Inf Tetap Lumbantoruan, Kepala Desa Lumban Manurung diwakili Sekretaris Desa dan semua jajaran Pemerintah Desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta warga desa Lumban Manurung lainnya.

Hadir mewakili jajaran Management Perusahaan PT.TPL.Tbk Direktur TPL Monang Simatupang, Manager Humas Jerry Tobing, Manager CD/CSR & Media Relation Hemlan Silaen dan beberapa jajaran staf erusahaan lainnya.