Toba - Untuk membantu dan meringankan beban masyarakat di 6 Kecamatan Kabupaten Toba dalam upaya pengelolaan lahan kebun dan persawahan Selasa, (8/8/2023) Pemerintah Kabupaten Toba menyerahkan bantuan satu unit alat pertanian traktor besar jenis Jhon Deer. Traktor jenis Jhon Deer diberikan langsung oleh Bupati Poltak Sitorus untuk digunakan masyarakat petani dan pekebun di 6 kecamatan Kabupaten Toba di antaranya, Kecamatan Ajibata, Lumbanjulu, Bonatua Lunasi, Porsea, Parmaksian dan Kecamatan Uluan.

Penyerahan traktor dilakukan di komplek Gereja Pentakosta Desa Lintong Julu Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba.

Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Pertanian, Kadis Kominfo, dan Camat Lumbanjulu

Dalam serah terima traktor bantuan tersebut diterima langsung oleh ke 6 Camat secara bersama-sama.Edward Sidabutar Camat Porsea, Antani Doloksaribu Camat Uluan, Ronald Sirait Camat Parmaksian, Besron Dolokrasibu Camat Lumbanjulu, Robert Manurung,S.H Camat Ajibata dan Camat Bonatualunasi Parlinggoman Panjaitan.

Bupati Poltak Sitorus dalam amanahnya menegaskan, Untuk penggunaan Traktor kedeoannya ke 6 camat penerima traktor harus membuat kesepakatan bersama terkait beberapa kesepakatan untuk penggunaan alat tersebut secara bergiliran.

Dengan perjanjian kesepakatan tersebut traktor dapat dipakai dan digunakan oleh semua lapisan di masyarakat dengan biaya sewa sebesar Rp 30 ribu/rante untuk dua kali olah diluar biaya bahan bakar minyak (BBM) dan upah operator.

Semua hasil sewa traktor dari masyarakat yang menggunakan selanjutnya akan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Toba.ucapnya.

Ditambahkannya, "Traktor ini kita serahkan dengan harapan kedepan lahan pertanian yang dikelola akan bertambah luas dan hasil pertanian semakin meningkat serta meminta kepada para camat mampu merawat dan memelihara traktor dengan baik serta dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Setelah diserahkan Bupati Poltak Sitorus langsung melakukan uji coba menjadi operator traktor mengolah tanah yang ada di sekitar lokasi.