TOBA - Sijago merah kembali mengamuk di Toba. Kali ini menghanguskan satu unit rumah hunian di Huta Pasir Dusun II Desa Hatinggian Kecamatan Lumbanjulu, Senin, (7/8/2023). Api dengan cepatnya merambat membakar seluruh sisi bangunan beserta isi milik Muller Manurung (52). Tidak ada satu barangpun yang bisa terselamatkan. Sebelum peristiwa kebakaran, korban meninggalkan rumahnya untuk bekerja di ladang.

Kapolres Toba melalui Kasi Humas Polres Toba AKP Bungaran Samosir menyebutkan, peristiwa terjadinya kebakaran diketahui berkat adanya laporan warga setempat atas nama Orneince Boru Simanjuntak (44).

Mendapat laporan tersebut personil Polsek Lumbanjulu  langsung bergerak menuju lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Bersama warga, personil Polsek Lumbanjulu dibantu personil Babinsa Koramil Lumbanjulu bergotong royong melakukan pemadaman api dengan peralatan manual seadanya. Satu unit mobil pemadam Kebakaran milik Pemkab Toba juga datang dari Porsea untuk membantu memadamkam api.

Terpisah Kapolsek Lumbanjulu AKP R Sembiring menyebutkan, peristiwa kebakaran tersebut tidak ada menelan korban jiwa. Namun kerugian material ditaksir mencapai Rp200 juta.

Robinson Sembiring menambahkan, untuk penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan. Dugaan sementara n namun dugaan sementara akibat korsleting arus pendek listrik. 


Terpisah Camat Lumbanjulu, Besron Doloksaribu menyebutkan, membenarkan adanya peristiwa kebakaran tersebut dan api diduga bersumber dari korsleting arus pendek listrik.


Untuk membantu korban, pihaknya menghimbau seluruh warga desa bergotongroyong memberikan donasi sosial peduli kasih kepada keluarga korban. Nantinya bantuan akan diserahkan kepada korban untuk membantu meringankan beban penderitaannya.