TOBA - Guna meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan peserta didik, Pemerintah Kabupaten Toba menggandeng Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (YTIJ) melalui pembelajaran metode gampang, asik dan menyenangkan (Gasing). Metode ini mengajarkan bagaimana caranya agar pelajaran matematika dapat dipahami peserta didik dengan gampang, asik dan menyenangkan.
 
Kehadiran Prof.Johanes Surya dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (YTIJ) yang juga ahli Fisika dan Matematika ini disambut Bupati Toba, Poltak Sitorus dan jajarannya, di ruang kerja Bupati Toba, Senin (7/8/2023).
 
Kehadiran Johanes juga sekaligus penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Toba Yayasan Teknologi Indonesia Jaya. MoU ini disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu. 
 
Johannes menyebutkan, saat ini di daerah 85% di bawah standar numerasi. Numerasi adalah kemampuan matematika dasar.
 
Menurutnya dengan mengunakan metode gasing yang diterima guru nantinya bisa membuat siswa memperoleh tambahan skill dan  logika berfikir unggul.
 
Berdasarkan pengalaman dibutuhkan persiapan dua tahun menuju ajang olimpiade". Untuk mencapai hasil lebih baik menuju ini pembelajaran harus dimulai dari sejak kecil (SD).
 
"Jadi  tidak ada yang instan. Kemudian fisik harus dalam kondisi bugar dan prima karena dalam pembelajaran sangat dibutuhkan intens aktivitas siswa. Melalui metode Gasing, siswa dari sebelumnya tingkat zero dalam waktu dua minggu kemudian bisa perkalian dua digit,"ujarnya.
 
Setelah berdiskusi cukup lama, Bupati Toba Poltak Sitorus dan Prof.Johanes Surya sepakat, kuncinya belajar matematika adalah dengan fun (gembira).
 
Kepada awak media usai menggelar acara Poltak Sitorus memberikan respon dan tanggapannya yang mengakui bahwa pelajaran seperti matematika bisa menjadi sangat disukai kalau guru itu menetapkan metode yang menyenangkan. 
 
Disebutkan Poltak, berdasarkan pengalaman  pribadinya yang menyenangi mata pelajaran Fisika dan Matematika didasari peran aktif gurunya yang luwes serta memberikan motivasi belajar di dalam kelas dengan menyenangkan.