TAPUT - Satuan Lalu Lintas Polres Tapanuli Utara (Taput) melaksanakan launching sirkuit baru untuk ujian praktek pengurus SIM bagi pengendara sepeda motor Senin, (07/08/2023) dari sebelumnya sirkuit berbentuk angka 8 diubah menjadi sirkuit baru berbentuk huruf S. Persemian penggunaan Sirkuit baru berbentuk huruf S untuk ujian praktek pengurusan SIM sepeda motor itu diresmikan langsung oleh Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi,SIK,MH

Kapolres Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi, SIK, MH pada kesempatan tersebut usai meresmikan, langsung melakukan uji coba sirkuit baru dengan menggunakan sepeda motor.

Kapolres Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi, SIK, MH melalui Kasat Lantas AKP Dahnial Saragih,SH, MH, dalam keterangan persnya menyampaikan, untuk pengujian keterampilan mengemudi bagi sopir SIM baru dalam mengendarai sepeda motor dilakukan di sirkuit hutuf S ini dan tidak lagi menggunakan sirkuit lama angka 8.

Hal ini kami laksanakan sesuai surat keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Nomor : Kep/105/VIII/2023 tanggal 4 Agustus 2023.

Dimana sebelumnya ujian praktek kendaraan roda 2 menggunakan metode angka 8, saat ini dengan Keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri yang baru untuk ujian praktek mengendarai sepeda motor diubah menjadi huruf S.

Disebutkannya, Untuk pemohon yang kalah dalam teori dan praktek, diberikan kesempatan untuk mengulanginya kembali pada hari itu juga atau 14 hari kedepannya.

"jadi bagi pemohon yang kalah diberikan kesempatan 2 kali untuk mengulangi". jelasnya.

Dahnial menambahkan, pihaknya juga menyiapkan bimbingan gratis bagi Pemohon SIM baik teori dan praktek untuk memudahkan pemohon dalam pelaksanaan pengurusan SIM.

Prayadi Sihombing mewakili masyarakat yang mengurus SIM sepeda motor pada kesempatan itu mengatakan, saya sangat senang mengikuti ujian praktek pengurusan SIM pada sirkuit baru berbentuk huruf S ini.

"Ini dikarenakan ujian praktek pada sirkuit baru ini tidak sesulit yang lama.saat ini saya mau mengurus SIM untuk sepeda motor.dengan pelayanan baru Polri di Satuan Lalulintas untuk praktek mengemudi sepeda motor untuk pengurusan SIM yang tidak begitu sulit lagi, saya yakin masyarakat lainnya juga sangat senang karena pelayanan Polres Tapanuli Utara semakin lebih baik," ujarnya.

Juli Hutabarat warga Tarutung juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Polres Tapanuli Utara secara khusus kepada Mabes Polri dan Koorlantas Polri atas pelayanan Polri yang humanis dan Polri Presisi dalam urusan SIM sepeda motor yang semakin lebih baik dan tidak lagi merugikan masyarakat untuk mendapatkannya.

"Sirkuit baru untuk ujian praktek pengurusan SIM sepeda motor ini sangat bagus.dengan hadirnya sirkuit baru ini, kami jadi sangat terbantu mengikuti ujian praktek pengurusan SIM C," pungkasnya.