PALAS - Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika,S.I.K melaksanakan patroli blue light untuk antisipasi curas, curat dan curanmor (3C) serta aksi premanisme. Dikesempatan patroli blue light tersebut, Kapolres didampingi Kasat Samapta, AKP Mhd.Husni Yusuf, juga meninjau kondisi Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut, untuk memastikan situasi kondusif didalam rutan tersebut, Selasa (1/8/2023) malam.

Kegiatan ini sebagai upaya menjaga ketertiban dan keamanan di rutan, sekaligus meninjau perkembangan warga binaan permasyarakatan (WBP)

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Palas telah melakukan pengecekan secara langsung di dalam Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut dengan didampingi Kasat Samapta, Kasi Propam, Iptu .G.Harahap  dan Kepala Rutan Kelas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut,Elizama Gori,SH dan petugas keamanan rutan.

"Dikegiatan patroli blue light ini, kunjungi sekaligus memeriksa kondisi rutan, tahanan dan warga binaan permasyarakat agar selalu menjaga keamanan dan kesehatan," ungkap Kapolres Diari Astetika.

Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut, Elizama Gori,SH melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi T Halomoan Sinaga,SH mengatakan, pihak mengapresiasi kegiatan patroli blue light dan dialogis yang dilakukan Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika,S.I.K dan jajarannya.

"Dengan adanya patroli dialogis ini tentu memberikan dampak positip di Rutan Klas II B Sibuhuan guna mengantisipasi hal-hal yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban dilingkungan warga binaan," katanya, Rabu (2/8/2023).

Kata Elizama Gori, dengan adanya giat sambang rutan sebagai bentuk kolaborasi dan sinergitas,karena  untuk monitoring keamanan dan ketertiban di sekitar Rutan termasuk jumlah tahanan.

Ia mengimbau, petugas piket jaga keamanan rutan agar lebih meningkatkan kewaspadaan serta jangan sampai lengah terhadap tindak tanduk apapun, terutama pada jam besuk dan setelah jam besuk selesai agar dilakukan pengecekan kembali terutama jumlah tahanan.

"Dengan adanya patroli menyambangi rutan ini tentu meningkatkan sinergi dan koordinasi yang baik dengan pihak Kepolisian guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” tutupnya.