LANGKAT - Musyawarah Perencanaan  Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Sematar kecamatan Bahorok digelar Senin (31/7/2023) di kantor desa. Usulan pembangunan berupa fisik, sosial ekonomi, budaya/ kesehatan, pendidikan serta pertanian dan pembinaan lembaga/masyarakat disampaikan saat Musrenbangdes melalui kepala dusun (kadus) serta tokoh agama/masyarakat ditampung Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
 
Sementara, untuk meningkatkan kesehatan balita dan lansia, bidan desa Sri Artina br Sembiring mengusulkan adanya  pengadaan mobiler di 5 pos kesehatan desa.
 
"Selain itu butuh juga pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan lansia. Tak kalah penting dibutuhkan pemberian makanan tambahan bagi balita berupa susu dan telur  serta obat-obatan dan  vitamin," urai Sri Artina.
 
Dihadapan Kepala desa Sematar, Hadi Sutrisno, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (PMP) Yahyan SE diusulkan Sri Artina meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) butuh juga pelatihan dan kursus kader pos yandu serta pengadaan seragam, butuh juga perbaikan polindes yang telah mengalami kerusakan terutama bagian atap ujarnya.
 
Sementara, 5 kadus mengusulkan  pembangunan rabat beton, paret leining, Tembok Penahanan Tanah (TPT) pagsr wakaf, paking blok, pengerasan jalan, pos kamling hingga pengaspalan jalan desa.
 
Masyarakat juga mengusulkan pengadaan mesin perontok pakan ternak sapi/lembu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Berkaitan itu, Kasi PMP Yahyan menanggapi usulan masyarakat akan ditampung selanjutnya dibahas pada Musrenbang tingkat kecamatan hingga kabupaten.
 
"Kebutuhan pembangunan yang sifatnya mendesak menjadi skala prioritas yang ditampung pada APBD Langkat sisanya direalisasikan pada anggaran Dana Desa (DD) di tahun 2024," terang Yahyan.
 
Realisasi usulan 
 
Sementara Kades Sematar, Hadi Sutrisno dikonfirmasi mengaku usulan masyarakat di tahun sebelumnya terealisasi melalui anggaran APBD berupa pengaspalan jalan di dusun bervolume 3 X 250 M serta paking blok di Dusun Bandar Bunga bervolume 2 X 200 M.
 
"Benar hanya 2 usulan masyarakat yang teralisasi dan kita tetap berharap kiranya Pemkab Langkat bisa mengakomodir usulan masyarakat di tahun ini," pungkas kades.