TOBA - Taruna Akademi Militer (Akmil) AD/AL dan para Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bersama Bupati Toba Poltak Sitorus mengunjungi SMA Negeri 1 Narumonda Kecamatan Siantar, Kamis (27/7/2023). Kehadiran rombongan ini untuk memotivasi para siswa dalam menimba ilmu agar lebih bergiat untuk belajar. 
 
Dalam amanahnya, Poltak Sitorus menekankan filosofi Batak Naraja yang marugamo (peduli), maradat (sopan santun), maruhum (taat aturan-disiplin), marparbinotoan (mengunakan ilmu pengetahuan untuk dipahami dan dilaksanakan) setiap siswa dan warga masyarakat Kabupaten Toba.
 
Poltak Sitorus juga menyampaikan tagline untuk motivasi semangat belajar putra putri Kabupaten Toba yakni "Torus Pature dan Pature Torus" yang artinya memperbaiki segala hal secara terus-menerus tanpa mengenal bosan dan lelah. Dengan harapan proses belajar mengajar di setiap sekolah bisa semakin unggul yang akhirnya para siswa mampu meraih cita-cita masing-masing dimasa mendatang.
 
"Saya sengaja membawa para Taruna dan Praja ini ke sekolah-sekolah SMA, bertujuan untuk memotivasi para siswa siswi agar lebih giat untuk belajar," sebutnya.
 
Samuel Sinaga salah seorang Taruna Akmil menyampaikan sejumlah beberapa tips untuk menghadapi ujian masuk Akmil.
 
"Saingan terbesarmu bukanlah orang yang ada di samping mu sekarang, tapi dari seluruh Indonesia. Jika saingan mu yang di samping mu, mungkin kau bisa kalahkan dia hanya dengan belajar seminggu. Tapi untuk bersaing dengan siswa dari seluruh Indonesia, maka kalian harus terus belajar dan belajar terus, sebagaimana tadi tagline Pak Bupati, 'Pature Torus dan Torus Pature" ujarnya. 
 
Jika ingin menjadi taruna, harus mempersiapkan fisik yang sehat, mental, rasa percaya diri dan semangat yang tinggi. 
 
"Kalau mental adik-adik sudah kalah duluan, tidak usah daftar, bunuh diri itu namanya.jadi kita harus percaya diri dulu, jangan menyerah. Itulah hal yang paling utama, selebihnya kuasai bahasa Inggris dan perkuat akademik serta psikotes. Intinya terus belajar dan belajar terus. Jangan lupa juga soal kesehatan, jaga kondisi tubuh dan rajin berolahraga," lanjutnya. 
 
"Dan satu lagi, jika kalian berhasil masuk sekolah kedinasan, tidak hanya orang tua yang bangga. Tetangga juga akan ikut bangga, Pak Bupati juga akan bangga melihat kita para remaja dari Toba yang sukses ke depan," tandasnya. 
 
Sementara Anju Soripada Lumbantobing salah satu Praja putri IPDN juga menyampaikan motivasi  dengan menyebutkan kaum perempuan juga memiliki kesempatan yang sama untuk meraih cita-cita di sekolah kedinasan.
 
Praja lainnya ada mengungkapkan bahwa dirinya baru berhasil masuk IPDN setelah sebelumnya dua kali gagal masuk. 
 
"Jadi saya berhasil masuk IPDN setelah pendaftaran ke tiga kali. Saya juga menjadi Alumni SMA Silaen yang pertama berhasil masuk IPDN. Jadi seperti yang sudah dikatakan abang-abang yang sebelumnya, tetap semangat dan jangan menyerah," ujarnya. 
 
 
Para Taruna Akmil dan Praja IPDN ini juga mengatakan agar para siswa jangan malu meski berasal dari kampung.
 
 "Saya dari Silaen. Jadi jangan pernah malu meski kita dari kampung. Tetap ingat apa yang disampaikan oleh Pak Bupati tadi, perbaiki terus dan terus perbaiki," ujarnya yang disambut tepuk tangan para siswa dan tenaga pengajar di sekolah itu. 
 
Turut hadir dalam kesempatan ini, Kacabdis Pendidikan Balige, John Suhartono Purba, Kadis Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu, Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Toba, Sesmon TB Butarbutar.