MEDAN - Enam Program Studi (Prodi) Universitas Syiah Kuala yang berasal dari tiga Fakultas dalam lingkungan Universitas Syiah Kuala yaitu Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Keperawatan berhasil meraih Akreditasi Internasional dari Lembaga Akreditasi Internasional ASIIN. Adapun ke enam Prodi tersebut adalah Prodi Pendidikan Dokter Hewan, Pendidikan Profesi Dokter Hewan, Pendidikan Dokter, Pendidikan Profesi Dokter, Sarjana Keperawatan; dan Pendidikan Profesi Ners.

Ketua Tim Akreditasi Internasional USK, Prof. Dr. drh. Muslim Akmal, M.P., mengatakan, informasi dokumen ASIIN tersebut menjelaskan bahwa status akreditasi internasional untuk ke enam Prodi ini mulai berlaku sejak tanggal 23 Juni 2023 sampai dengan 14 Juli 2024.

Prof. Muslim Akmal menilai, akreditasi internasional ini merupakan sebuah capaian penting karena memberikan dampak yang positif, dalam upaya USK untuk memperoleh pengakuan internasional menuju world class university.

Karena itulah, dirinya mengingatkan agar sivitas dari ketiga fakultas tersebut untuk tidak berpuas diri dengan capaian akreditasi internasional tersebut. Prestasi ini harus terus dipertahankan dengan komitmen kuat dan semangat kebersamaan yang telah terjalin selama ini.

“Kita akan terus berusaha untuk memperoleh pengakuan lima tahun, dan tim ketiga fakultas yang terlibat akan berupaya keras untuk mewujudkan cita-cita itu,” ucapnya di Banda Aceh, Selasa (25/7/2023).

Selanjutnya, Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ketiga fakultas USK tersebut. Menurutnya, akreditasi internasional ini sangatlah berarti bagi USK secara institusi, karena akreditasi tersebut setidaknya menjelaskan kepada masyarakat luas bahwa standar layanan dan mutu pendidikan di kampus ini telah diakui dunia internasional.

Capaian enam prodi USK ini, kian melengkapi prestasi akreditasi internasional yang berhasil diraih dua prodi USK sebelumnya yaitu prodi Teknik Kimia dan Teknik Elektro, dari Indonesian Accreditation Board for Engineering (IABEE).

Oleh sebab itu, Rektor berharap capaian akreditasi internasional ini menjadi motivasi bagi seluruh prodi yang ada di USK untuk terus meningkatkan standar layanan dan mutu pendidikannya.

“Kita sangat bersyukur, karena upaya-upaya kita selama ini untuk mendorong mutu pendidikan telah membuahkan hasil. Seperti akreditasi internasional ini, yang tentu saja berperan besar dalam meningkatkan reputasi USK di dunia internasional,” ucapnya.*