MEDAN - Cabang olahraga karate diharap dapat lebih baik dan berprestasi khususnya saat Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang, dimana Sumatera Utara (Sumut) akan menjadi tuan rumah.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah saat menghadiri Pelantikan Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Pengprov Forki) Sumatera Utara (Sumut) periode 2022-2026 oleh Ketua Umum PB Forki Hadi Tjahjanto di Internasional Hall Rahmat Wildlife Museum & Gallery, Medan, Kamis (20/7/2023).

Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah juga mengucapkan selamat kepada pengurus FORKI Sumut yang telah dilantik. “Kami menyadari untuk mengurusi cabang-cabang olahraga ini perlu pengorbanan. Korban uang, waktu, pikiran bahkan korban perasaan, untuk itu perlu kebersamaan karena dalam organisasi tidak bisa sendiri-sendiri,” katanya.

Ijeck optimis di bawah kepemimpinan Rahmat Shah, Forki Sumut dapat mencetak atlet-atlet berprestasi yang siap bersaing baik di tingkat nasional hingga internasional.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Hadi, sudah hadir di sini memberi semangat untuk Pak Rahmat dan seluruh jajaran Forki Sumut. Prestasi Cabor di Sumatera Utara khususnya karate harusnya tidak mengecewakan karena Pak Hadi sudah hadir, saya tahu betul apalagi Pak Rahmat, paman saya juga sudah banyak pengorbanannya untuk karate. Mudah-mudahan Pak Rahmat terus diberi Allah kesehatan,” ujar Ijeck

Wagub menegaskan, Sumut memiliki harapan menjadi terbaik pada PON 2024. Khusus untuk karate, bisa menjadi juara umum. Untuk mewujudkan harapan itu, Pemprov Sumut sedang berupaya membangun sarana dan prasarana dalam menunjang prestasi Sumut.

“Ini pengabdian karena tak semuanya pembiayaan-pembiayaan juga bisa dibantu pemerintah melalui KONI Sumatera Utara, tapi kami berupaya dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang nantinya akan dibangun menjadi penunjang suksesnya atlet-atlet kita,” ujar Ijeck.

Hal sama disampaikan Ketua Umum PB Forki Hadi Tjahjanto. "Saya yakin Pak Rahmat Shah yang telah berpengalaman memimpin Forki Sumut akan mampu membawa karate Sumut lebih berjaya," ujar pria yang juga menjabat Menteri ATR/BPN RI ini.

Hadi juga berpesan kepada pengurus FORKI Sumut yang baru dilantik segera melakukan konsolidasi. Kemudian melakukan evaluasi terhadap permasalahan yang terjadi.

"Saya ingin pengurus yang baru dilantik tetap menjaga kebersamaan dan menyelesaikan konflik. Jangan karena ego pribadi, atlet menjadi korban. Saya yakin kepengurusan yang baru dilantik bisa membawa kejayaan bagi karate Sumut dan meraih medali terbanyak di PON 2024 nanti," pesannya.

Mantan Panglima TNI ini juga berharap, agar atlet karate Sumut tampil pada Kejurnas Pra PON pada Agustus mendatang, OSN SMA, hingga Popnas 2023. "Itu merupakan ajang uji coba dan evaluasi bagi atlet Sumut. Semoga karate Sumut bisa meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional," harapnya.

Ketua Umum Pengprov FORKI Sumut Rahmat Shah dalam sambutannya menekankan tentang kebersamaan pengurus. Dia mengakui menjadi pengurus olahraga butuh pengorbanan waktu, materi, hingga perasaan.

"Kita semua harus berperan menjaga kebersamaan. Kita harus kerja keras, disiplin, dan fokus untuk meraih prestasi. Dengan kebersamaan, kita bisa membawa FORKI Sumut meraih prestasi," pesan Rahmat Shah.

Dalam memimpin Forki Sumut periode 2022-2026, Rahmat Shah didampingi Ketua Harian Hasrul Benny Harahap, Sekretaris Umum Zulkarnaen Purba, Bendahara Umum Alamin Syahputra Pelis, dan dibantu bidang-bidang lainnya. Hadir juga dalam pelantikan Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, Wakil dan Sekjen PB Forki Sapriadi.*