TOBA - Pekerja bangunan di pekuburan umum bukit Cinta desa Parparean 1 Kecamatan Porsea Kabupaten Toba, menemukan jasad bayi yang didyga baru lahir dalam kardus, Senin (17/7/2023). Bayi tersebut dibungkus dengan baju dan kain sarung dengan kondisi tali pusar belum putus dan sudah dalam keadaan membusuk.

Penemuan mayat balita dalam kardus yang sudah dalam keadaan membusuk di temukan Harianto (35) di tengah semak belukar dekat lokasi mereka bekerja membangun kuburan di Pekuburan Umum Bukit Cinta Desa Parparean 1 Kecamatan Porsea Kabupaten Toba.


Harianto didampingi kepala tukangnya, Haposan Sirait (49) menceritakan, sebelum menemukan mayat bayi tersebut, ia bersama rekannya tukang bangunan sedang sarapan sekitar pukul 10.00 Wib persis di dekat penemuan jasad bayi tersebut.

Saat melihat kardus tersebut, karena penasaran ia pun bertanya apa isinya.

"Oi itu ada kardus ditengah tengah semak, kardus berisi apa itu ya...? tanyanya kepada kawan kawan.

Merespon hal tersebut, Haposan Sirait meminta untuk mengambil dan mengecek isinya.

"Ambil saja dulu dan kita buka disini, kali aja itu narkoba atau daun ganja disembunyikan, supaya kita lapor polisi," ujarnya.

Kemudian Harianto membawa kardus tersebut. Namun, saat diangkat mulai tercium aroma busuk yang tidak sedap. Karena curiga, saat itu mereka langsung sepakat membukanya dan tiba tiba aroma bau busuk yang sangat menyengat merebak keluar dan menemukan isinya mayat bayi yang diduga baru lahir.

Mengetahui hal ini, kepala tukang langsung melaporkannya ke Kapolsek Lumbanjulu AKP. Robinson Sembering

Selanjutnya, petugas dari Polres Toba tiba di lokasi dan melakukan pemeriksaan serta evakuasi terhadap jasad dalam kardus tersebut serta membawanya ke RSUD Porsea.


Kanit Pidum Reskrim Polres Toba IPDA Haidar Fadi Lubis di ruang mayat RSUD Porsea menyebutkan pihaknya sudah melakukan olah TKP da jasad bayi tersebut ke dilakukan outopsi luar.


dokter Forensik RSUD Porsea dr.Panusunan Simatupang,Sp.FM (Spesialis Forensik dan Medikolegal) menyebutkan, dari hasil pemeriksaan luar jasad bayi ini diketahui berjenia kelamin laki - laki, panjang badan sekitar 51 Cm, lingkar kepala sekitar 33,5 Cm dan berat badannya sekitar 2200 Gram. Bayi diperkirakan meninggal sekira 4 hingga 7 hari lalu sebelum ditemukan.

Hadir di RSUD Porsea bersama tim Inafis Polres Toba Kanit Pidum Reskrim Polres Toba IPDA Haidar Fadi Lubis bersama personilnya, Kapolsek Porsea AKP Daniel Aritonang didampingi Kanit Reskrim Polsek Porsea Tarsan Simangunsong dan Babinkamtibmas Polsek Porsea dan Siantar Narumonda Brigadir Sondang Hutahaean serta Camat Porsea Edward Sidabutar.