MEDAN - Sebanyak 359 jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12 tiba di Bandara KNO, Minggu (16/7/2023) sekira pukul 09.46 Wib. Dalam kloter ini, terdapat 5 jamaah asal kabupaten Langkat wafat di Tanah Suci. Selain itu, terdapat satu jamaah lainnya, atas nama Musinem Kisman manifes 206 batal yang juga masih belum bisa kembali ke Tanah Air karena sakit dan mendapatkan perawatan intensif di Tanah Suci.

Jamaah kloter 12 yang berasal dari Kabupaten Langkat, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan ini disambut Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH dan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan, Ahmad Qosbi.

Sekretaris 1 PPIH Debarkasi Medan, Ilyas Siregar menyebutkan pada kloter 12 ini terdapat lima jamaah wafat asal Langkat yang wafat di tanah suci. Selain itu, 6 jamaah yang mutasi,dari kloter 20 dan 22, sehingga kembali ke Tanah Air lebih cepat dari jadwal sedianya.

Untuk diketahui jamaah asal klotet 12 yang wafat di Tanah Suci tersebut; Sukemi Yoso Dikromo (83) warga Dusun Pasar II, Padang Cermin, Selesai Langkat , Maisarah Bahri (65) warga Dusun IV Kp Pinang, Karya Maju, Tanjung Pura Langkat, Rasim Marwi (83) warga Dusun VIII Tanjung III Karang Gading Secanggang, Langkat, Mukijo Marto Rejo (75) Dusun IV Pangkal Titi, Pantai Gading, Secanggang, Langkat, Satiem Murngali Abdullah (87) warga Lingkungan IV Sidosari Luhur, Tanjung Selamat Batang Serangan Langkat.

Sedangkan 6 jamaah mutasi yang kembali lebih awal masing-masing dari kloter 22, Amiruddin Sidi Darwis manifes 021, Kalsum Munthe manifes 069, Wagimen Condro manifes 167, Khairani Hanafi manifes 177, Siti Maria Ritonga manifes 287 dan Arfah Sitompul manifes 084 dari kloter 20.

Sementara Plt Bupati Langkat berharap para jamaah yang kembali dengan selamat ke Tanah Air, bisa mensosialisasikan nilai-nilai agama di tengah kehidupannya di masyarakat.

Ia juga menyebutkan hingga saat ini terdapat 6 jamaah asal Langkat yang wafat saat menunaikan rangkaian ibadah haji tahun ini, dengan lima di antaranya dari kloter 12.

"Alhamdulillah kita merasa bersyukur, kloter 12 ini Alhamdulillah sudah sampai, tiba di Tanah Air dengan selamat. Ada enam orang yang wafat, kita doakan smoga husnul khatimah.dan harapan kita para jamaah ini diterima Allah menjadi haji yang mabrur, dan bisa bisa mensosialisasikan nilai-nilai agama di tengah kehidupannya nanti di masyarakat," pungkasnya.