PALAS - Sebanyak 63 warga dari 22 desa di Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) mengikuti Pelatihan Bilal Mait di aula Ponpes Robi’ul Islam, Desa Pasar Latong, Minggu (16/7/2023).
Ketua Panitia, Irsyad Saleh Pohan mengatakan, kegiatan itu atas kerjasama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Lubuk Barumun, Pemerintah Kecamatan, dan Pemerintah Desa dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 H/ 2023.

Kata Irsyad, adapun pemateri dalam Pelatihan Bilal Mait itu, Ketua MUI Lubuk Barumun, Ustadz H. Sangkot Hasibuan bersama Ustadz Masmin Lubis.

"Peserta yang mengikuti kegiatan bilal mait sebanyak 63 orang yang berasal dari 22 desa se Kecamatan Lubuk Barumun," terangnya.

Camat Lubuk Barumun, Sulaiman Harahap S.Sos mengatakan, Pelatihan Bilal Mayit atau lebih dikenal malim kampung perlu mengetahui cara mengurus mayat yang baik dan benar.

Karena itu diharap kepada seluruh peserta supaya lebih tekun dalam mengikuti pelatihan, dan jangan segan bertanya kepada para pemateri.

Kemudian, apa yang telah dipelajari dalam pelatihan ini bisa disampaikan dan dipaparkan kepada masyarakat di desa masing-masing, terkait cara yang baik melaksanakan fardu kifayah terhadap mayat.

Camat juga menyampaikan, terimakasih dan apresiasi kepada seluruh panitia atas terlaksananya Pelatihan Bilal Mayit tersebut.

Turut hadir dalam acara itu, Camat Lubuk Barumun, Sulaiman Harahap S.Sos. Ketua MUI Lubuk Barumun, H.Sangkot Hasibuan S, Ag, Ketua BSPPL Palas, H.Fauzan Hamidy Hasibuan, STh serta sejumlah pengurus MUI Lubuk Barumun.