Toba - Komite Nasional Geopark Indonesia yang juga perwakilan dari Asia Pasifik Geopark Network untuk Indonesia melakukan kunjungan Pra Revalidasi ke beberapa Geosite yang ada di Geopark Kaldera Toba.


Revilidasi oleh Asesor UNESCO direncanakan akan berlangsung mulai 31 Juli – 5 Agustus 2023 untuk kegiatan Pra Revalidasi atau pre assessment ini dilakukan mulai dari tanggal 11-14 Juli 2023 di kawasan Geopark Kaldera Toba.

Untuk Tim Pra Revalidasi yang datang adalah Yunus Kusumahbrata, Ph.D dan Akhyarrudin Yusuf dari Dewan Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI).

Yunus Kusumahbrata, Ph.D dalam penuturannya menyebutkan, kunjungan ke Kawasan Geopark Kaldera Toba untuk evaluasi terhadap usulan rute perjalanan yang akan disampaikan kepada Asesor yang berasal dari UNESCO Global Geopark (UGG).

Lanjutnya, Proses revalidasi nanti akan dihadiri oleh Chairman Asia Pasifik Geopark Network (APGN) Prof Jin Xiaochi dari Cina dan Dr. Soo Jae Lee, Ketua Jejaring/Chairman Geopark Korea Selatan.

Yunus juga menjelaskan, kedatangan mereka untuk melihat dan mengetahui secara langsung perkembangan dari Unesco Global Geopark Kaldera Toba setelah ditetapkan pertama kali sebagai Unesco Global Geopark pada tahun 2020. Sekarang TC UGG sudah menyusun rute perjalanan untuk melihat perkembangan dan Komite Nasional Geopark Indonesia melakukan evaluasi dan verifikasi rute perjalanan yang sudah disusun oleh TC UGG.

Verifikasi ini meninjau beberapa Geo point yang terletak dibeberapa kabupaten SE kawasan Danau Toba.semua dikunjungi untuk melihat rute mana yang dinilai paling menarik dan memungkinkan untuk dikunjungi dengan waktu assessment yang terbatas.terangnya.

Dengan verifikasi awal ini diharapkan kami melibatkan beberapa stakeholder seperti TC UGGp, Pemprov Sumut, Kemenkomarves, Kementerian Pariwisata serta BPODT dapat memberikan rute perjalanan serta persiapan terbaik di Geo point yang akan dikunjungi oleh asesor.

Dari beberapa perbaikan yang dikerjakan akan memberikan yang terbaik dan kita berharap nantinya bisa lolos kembali mendapat predikat serta dukungan para pihak terkait, Geopark Kaldera Toba bisa lolos kembali,” ujar Yunus.

Yunus menambahkan, kedatangan para Asesor pada tanggal 1-5 Agustus 2023.sesuai pada Tahun 2020 Geopark Kaldera Toba ditetapkan masuk UGG, sehingga setelah 4 tahun kewajiban kita melakukan laporan progress dan mereka akan datang setelah membaca seluruh laporan yang akan kita sampaikan kepada UNESCO Global Geopark.nantinya mereka akan melakukan revalidasi setelah beberapa dokumen yang telah kita berikan mereka pelajari.

“Kita akan menyajikan beberapa tempat atau lintasan terbaik dan unggulan yang cukup memiliki harapan untuk lolos revalidasi.dengan mendapatkan Kembali predikat UNESCO untuk Kaldera Toba, kita akan membuka pintu untuk bekerjasama dengan jejaring internasional".

Geopark sudah berada di kurang lebih 52 negara dan terdapat 170 UGG di dunia, sehingga akan memberikan promosi geopark kaldera Toba ke seluruh dunia. Kewajiban kita mengangkat dan mempromosikan dengan warisan geologi, warisan keanekaragaman hayati dan kebudayaan yang luar biasa di Danau Toba,” tandasnya.

Ketua Harian Toba Caldera Unesco Global Geopark Mangindar Simbolon mengatakan, kunjungan Tim Pra Revalidasi dari Komite Nasional Geopark Indonesia ke kawasan Geopark Kaldera Toba untuk melihat persiapan dan memberikan masukan terhadap persiapan sebelum Asesor datang.

“Kita telah melihat beberapa lokasi yang sudah dipersiapkan untuk dikunjungi Asesor UNESCO.dengan keterbatasan waktu, tidak semua lokasi dikunjungi sehingga beberapa lokasi saja yang direkomendasikan untuk dikunjungi yakni mulai dari Muara, Tipang, Tele dan Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba, Hariara Pohan, Kampung Ulos Lumban Suhi Toruan, Pantai batu hoda, rumah kaca, Huta Siallagan, Taman Eden, Kawasan Toba Caldera Resort dan Monkey Forest Sibaganding.tujuannya agar Pariwisata di Kawasan Danau Toba yang berbasis alam, budaya dan berkelanjutan serta ramah lingkungan yang merupakan bagian sustainable development goals yang merupakan kesepakatan dunia untuk pembangunan ke depan".

Ditambahkannya, Revalidasi ini tahap pertama karena kita telah diterima pada tahun 2020.harapan kita hasil penilaian ini mendapat Green Card.sebutnya.

Direktur Utama BPODT Jimmy Panjaitan, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba sangat mendukung penuh penetapan kembali Geopark Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark.dengan ini juga menjadi penarik untuk promosi Danau Toba di kancah dunia internasional guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari berbagai mancanegara.

“Mendapatkan predikat dari UNESCO bukanlah hal yang mudah, tetapi pada penetapan pertama di tahun 2020 kita sudah mampu untuk mendapatkan penetapan tersebut, sekarang tugas kita adalah mempertahankannya".sebutnya.

Saya berharap, seluruh stakeholder yang ada di Sumatera Utara khususnya sekawasan Danau Toba tetap komit dan Bersatu padu untuk memberikan hasil terbaik dan mensukseskan kegiatan ini. ujar Jimmy.

Jimmy juga menambahkan, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba berkomitmen penuh dalam mendukung pelaksanaan assessment ini sehingga Danau Toba tetap mendapat predikat UNESCO Global Geopark, sehingga warisan taman bumi di Danau Toba tetap diakui oleh dunia internasional.

Turut serta hadir dalam kegiatan pre revalidasi ini Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, BPODT dan beberapa pengurus Toba Caldera Unesco Global Geopark.