MEDAN - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungbalai, Luhut Parlinggoman Siahaan mundur dari jabatnnya setelah menjadi relawan Ganjar Pranowo.


Luhut Parlinggoman Siahaan terpilih menahkodai organisasi Barisan Nasional Ganjar Pranowo (Barnas-GP) di Sekretariat pemenangan, Jalan Kran V No. 20D Kelurahan Gunung Sahari Selatan Kemayoran, Jakarta Pusat pada hari Kamis, 6 Juli 2023 melalu mekanisme pemilihan.

Pemilihan dihadiri oleh seluruh Pengurus Pusat Barnas-GP.

Diketahui, organisasi relawan ini bertujuan untuk memenangkan Ganjar sebagai Presiden lima tahun mendatang.

"Barnas-GP telah terverifikasi di Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Presiden yang diketuai Ahmad Basarah yang juga Ketua DPP PDIP dan Wakil Ketua MPR, Barnas-GP sudah deklarasi dua bulan lalu serta diliput media-media nasional," ujar Luhut, sapaan akrab pria asal Sumatera Utara ini di Medan, Jumat, (7/7/2023).

Luhut begitu Ketua Barnas-GP itu disapa, bukan orang baru di dunia politik.

Ia pernah menjadi ketua organisasi kemahasiswaan terbesar dan saat terpilih menjadi Ketua Barnas-GP, Luhut masih menjabat sebagai Ketua KPU Kota Tanjungbalai, Provinsi Sumatera Utara.

"Pasca terpilih sudah mundur menjadi Ketua KPU hari ini (tanggal 7 Juli 2023), ini demi memenangkan Ganjar," jelasnya.

Padahal, Luhut mengungkapkan, ada satu periode lagi haknya untuk menjadi Komisioner di Lembaga Penyelenggara Pemilu tersebut.

Ketika ditanya apa program ke depan untuk memenangkan Ganjar, dengan lugas ia menjawab akan segera membentuk kepengurusan sampai tingkat desa.

"Tujuannya agar target satu juta suara untuk Ganjar dapat tercapati, begitu," jelasnya.

Luhut yang juga terdaftar sebagai Advokat Peradi sejak 2010 berencana kembali menjadi Advokat di Ibu Kota Jakarta pasca terpilih.

"Saya yakin benar Ganjar menang. Sehingga saya siap melepaskan jabatan dan tidak melanjutkannya untuk periode mendatang. Ganjar elektabilitasnya baik, kami yakin menang," pungkasnya.